Dipimpin Kaesang, PSI Dapat Jatah Kursi Pimpinan Dewan di Solo

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep saat makan malam
Sumber :
  • ANTARA/Tri Meilani Ameliya

Jakarta - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep berhasil mendongkrak kenaikan suara di Solo hingga 500% pada Pemilu Legislatif 2024. Sehingga, PSI akan mendapatkan jatah kursi Pimpinan Dewan di DPRD Solo.

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

Ketua DPD PSI Solo, Antonius Yogo mengungkap bahwa peningkatan perolehan suara partai berlambang mawar ini tentunya berkat kerja keras semua calon anggota legislatif di daerah pemilihan (dapil) masing-masing.

Politikus PSI Marsha Damita Siagian (kolase kiri) dan Presiden Jokowi-Kaesang.

Photo :
  • istimewa
PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

Menurut dia, komunikasi dengan masyarakat sudah dibangun atau ditata sejak tahun 2020. "Kemudian, faktor Mas Kaesang mampu menggaet anak muda untuk masuk PSI dan memilih PSI,” kata Yogo melalui keterangannya pada Kamis, 29 Februari 2024.

Kata Yogo, perolehan suara untuk PSI pada Pemilu Legislatif 2024 ini mengalami peningkatan di Solo hingga 500%. Padahal, lanjut dia, PSI cuma mendapat 1 kursi saja pada Pemilu 2019 lalu. Makanya, ia menyebur PSI akan dapat kursi Pimpinan DPRD Solo.

PSI Buka Pendaftaran Bagi yang Ingin Maju Pilkada, Siapa Saja Bisa Ikut

"Solo mendapat kenaikan sebesar 500%, dari semula 1 kursi sekarang mendapat 5 kursi, plus kursi Pimpinan Dewan. Dari 5 Dapil, kami mendapatkan kursi di masing-masing Dapil," jelas dia.

Dengan demikian, Yogo juga optimis kalau PSI yang diketuai putera Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu, dapat melenggang masuk ke Parlemen Senayan atau DPR RI dengan melewati ambang batas parlemen 4 persen pada Pemilu 2024.

"Ini yang membuat kami terus menjaga asa, bahwa kami akan lolos PT (parliamentary treshold) dengan peningkatan kursi DPRD di beberapa tempat. Kami yakin itu," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya