Beda Sikap Anies dan Surya Paloh soal Ucapan Selamat ke Prabowo-Gibran

Anies Baswedan saat takziah di rumah duka Habib Hasan bin Jafar Assegaf
Sumber :
  • VIVA.co.id/Galih Purnama (Depok)

Jakarta – Capres nomor urut satu Anies Baswedan masih belum juga mengucapkan selamat kepada pasangan nomor urut dua Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka meski KPU sudah mengumumkan hasil perhitungan suara pilpres 2024. Anies mengatakan bahwa sampai dengan saat ini pihaknya masih mengupayakan gugatan ke MK.

Putuskan Dukung Prabowo-Gibran, Nasdem Siapkan Nama Untuk Menteri?

"Jadi ini bukan semata-mata soal protokol saja. Protokol teantang ucapan tidak ucapan bukan di situ. Tapi ini pada substansinya, bagaimana bagaimana proses itu bisa diperbaiki dan harapannya mutu nanti kita akan lebih baik," ujar Anies kepada wartawan di Jakarta Pusat, Kamis 21 Maret 2024.

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Jadi Prioritas Nasdem di Pilkada 2024, Anies: Kita Rehat Dulu

Anies menjelaskan bahwa partai politik boleh saja mengucapkan selamat kepada pasangan Prabowo-Gibran. Namun, Anies tetap komitmen berada di jalur perubahan.

"Terkait dengan sikap kita semua memahami bahwa sedang menjalani proses konstitusional. Partai politik memiliki hak konstitusional. Dan parpol juga memiliki sikap yang harus dihormati. Jadi kami menghormati, menghargai dan Insya Allah kita terus sejalan di dalam mengusung gagasan Perubahan untuk demokrasi yang lebih baik," kata Manten Gubernur DKI Jakarta.

Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

Anies menuturkan bahwa ucapan selamat dari Partai Nasdem ke Prabowo-Gibran tetap dihormatinya. Ia juga mempunyai  harapan jika kedepannya ada sebuah harapan yang lebih baik untuk bangsa Indonesia.

"Jadi di aspek itu kita bersama-sama dan kita saling menghormati. Kita juga menghormati langkah yang diambil oleh semua partai-partai lain dan harapannya nanti kita akan melihat demokrasi kita lebih baik," tutur Anies.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat ini sudah resmi mengumumkan bahwa pasangan nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menang pada pilpres 2024. Partai Nasdem pun langsung mengucapkan selamat untuk pasangan calon nomor urut dua.

"Partai Nasdem juga mengucapkan selamat kepada pasangan Prabowo Subianto dan Gibran rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024," ujar Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh kepada wartawan di Nasdem Tower, Rabu 20 Maret 2024.

Anies, Cak Imin dan Surya Paloh hadiri bukber di rumah JK tanpa PKS

Photo :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

Paloh juga turut mengucapkan selamat kepada para caleg yang terpilih pada pemilu 2024 ini. Dalam hal ini, Nasdem telah menerima seluruh hasil yang telah diumumkan oleh KPU.

"Partai Nasdem menyatakan menerima hasil pemilu tahun 2024 yang telah dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 yang lalu, baik pemilihan legislatif maupun pemilihan presiden dan wakil presiden," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya