Moeldoko Ogah Komentari Pertemuan Prabowo dengan Surya Paloh: Saya Bukan Pengamat Politik

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko
Sumber :
  • VIVA.co.id/Uki Rama (Malang)

Jakarta - Kepala Staf Presiden (KSP), Moeldoko tidak mau menanggapi pertemuan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto yang juga Presiden terpilih 2024 dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di NasDem Tower pada Jumat, 22 Maret 2024.

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo

“Posisi saya sekali lagi bukan pengamat politik ya. Saya tidak mau berkomentar disitu, karena ini bukan politik praktis dan bukan domain saya untuk mengomentari itu. Mohon maaf,” kata Moeldoko di kantornya.

Capres pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto disambut peluk Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Jumat, 22 Maret 2024.

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari
PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

Hanya saja, kata Moeldoko, memang dalam sebuah pemerintahan itu diperlukan check and balances untuk menjaga kondisi demokrasi terjaga dengan baik. Selain itu, lanjutnya, pendekatan stability juga sangat diperlukan.

“Karena kalau tidak stabil pemerintahan ini dikelola, maka itu akan mempengaruhi efektivitas sebuah pemerintahan. Maka itulah pilihannya bagaimana melihat antara sisi check and balances, yang kedua dari sisi stability. Itu pilihan-pilihan cerdas dari masing-masing orang untuk melihatnya,” jelas dia.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Sebelumnya diberitakan, Komisioner Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) telah mengumumkan hasil rekapitulasi suara Pemilu 2024, baik Pemilu Presiden maupun Pemilu Legislatif pada Rabu malam, 20 Maret 2024. 

Alhasil, pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka meraih suara terbanyak sebagai calon Presiden dan calon Wakil Presiden 2024.

Pasangan nomor urut 2, Prabowo-Gibran ini diumumkan Ketua KPU Hasyim Asy’ari mendapatkan suara sebanyak 96.214.691 suara (58,58 persen). Kemudian disusul pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebesar 40.971.475 suara (24,94 persen), terakhir Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sebanyak 27.040.878 suara (16,47 persen). Adapun, suara sah 164.227.475 (100 persen).

“Menetapkan hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden berdasarkan berita acara Nomor: 218/PL.01.08.BA/05/2024, dalam Pemilihan Umum Tahun 2024,” kata Hasyim.

Diketahui, Partai NasDem mengusung Anies Baswedan dan Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) pada Pemilu Presiden 2024. Dalam kontestasi pemilu kemarin, Partai NasDem berkoalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Beberapa hari lalu, Surya Paloh ikut buka puasa bersama di rumah mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) daerah Darmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Dalam acara itu, hadir juga Anies Baswedan dan Ketua Umum PKB Muhaimin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya