Jawaban Anies Soal Surya Paloh Bilang Peluang Nasdem Gabung ke Prabowo-Gibran Fifty-fifty

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Anies Baswedan merespons pertemuan antara pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto, dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, pada Jumat, 22 Maret 2024 siang. Dalam pertemuan itu, Surya Paloh bicara soal peluang Nasdem bergabung ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) pengusung Prabowo-Gibran. Paloh menyebut, peluang gabung ke koalisi Prabowo-Gibran itu 50:50.

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

Anies sendiri enggan berkomentar langsung saat disinggung mengenai pernyataan Surya Paloh itu. Dia hanya menekankan pihaknya tengah fokus pada gugatan sengketa hasil Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kami masih terus konsentrasi untuk proses di MK dan itulah proses yang sedang kami kerjakan. Jadi perjalanan masih panjang, karena siapapun yang nanti terpilih itu pembentukan kabinet baru bulan Oktober, sekarang masih bulan Maret," kata Anies kepada wartawan di Nasdem Tower, Jakarta Pusat.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Pertemuan Prabowo Subianto dengan Surya Paloh di DPP Nasdem

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Lebih lanjut, eks Gubernur DKI Jakarta itu menilai yang disampaikan Surya Paloh hari ini masih bersifat spekulatif. Sebab, pembentukan kabinet di era pemerintahan yang baru masih butuh waktu yang cukup panjang.

Sebut Sahabat Lama, Prabowo Unggah Foto Ketemu Surya Paloh Deklarasi Nasdem Bergabung

"Jadi membicarakan itu (gabung koalisi) sekarang itu masih panjang, masih panjang," tandas Anies. 

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh buka suara soal peluang gabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) lantaran pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka kini sudah terpilih dalam Pilpres 2024.

Paloh menyebutkan bahwa saat ini Partai Nasdem belum punya keputusan yang jelas dalam menentukan gabung atau tidaknya ke koalisi pemerintahan nanti.

"Itu fifty-fifty posibility nya masih," kata Paloh kepada wartawan di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Jumat, 22 Maret 2024.

Maka itu Surya Paloh hanya meminta untuk menunggu kepastian selanjutnya. Pasalnya belum ada sikap yang jelas. 

"Kita lihat nanti perkembangan ke depan ya," jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya