Digoda Megawati Jadi Ketum PDIP, Puan Maharani: Berdoa Aja, InsyaAllah

Ketua DPP PDIP, Puan Maharani di Acara Rakernas V PDIP
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta – Ketua DPP PDIP sekaligus Ketua DPR RI, Puan Maharani merespons pernyataan Megawati Soekarnoputri yang mengajak bertukar posisi menjadi Ketua Umum PDIP. Ia mengamini pernyataan tersebut.

Dasco Digadang-gadang Jadi Calon Ketua DPR, Ini Alasannya

"Berdoa aja, InsyaAllah," kata Puan Maharani di sela-sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP, di Beach City International Stadium, Sabtu, 25 Mei 2024.

Selanjutnya, Puan menjawab soal pernyataan Megawati yang lain soal Ketua DPR RI sering pergi ke luar negeri. Menurutnya, jabatan sebagai Ketua DPR RI itu salah satunya memang menghadiri event Internasional.

Di Forum AIPA, Putu DPR Dorong Dibentuk Task Force dalam Konflik Myanmar

"Ya saya kan tugas ke luar negeri, karena memang sebagai ketua DPR ada event-event konferensi internasional bersama ketua DPR yang lain," tuturnya. 

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri di Rakernas 5 PDIP

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
DPR Jelaskan 3 Poin Revisi UU TNI: Perpanjangan Masa Pensiun hingga Penempatan di Kementerian

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri menyampaikan pidato politiknya pada pembukaan rapat kerja nasional (Rakernas) V PDIP yang diselenggarakan di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta Utara, Jumat, 24 Mei 2024.

Megawati sempat berkelakar dalam pidato politiknya. Momen itu terjadi ketika ia menyapa beberapa tamu undangan yang hadir, termasuk Ketua DPP PDIP sekaligus Ketua DPR RI, Puan Maharani.

"Mba Puan sebagai ketua DPR keluar negeri terus, itu kerja loh, bukan jadi turis," kata Megawati dalam pidato politiknya.

Dalam kesempatan itu, Megawati berkelakar dan mengatakan kepada Puan untuk berganti posisi, karena Ketua DPR RI terlalu sering ke luar negeri.

"Gantian deh sama saya, saya yang jadi Ketua DPR, kamu yang jadi ketua umum," tutur Megawati.

Dalam kesempatan lain, Ketua DPP PDIP, Said Abdullah menyampaikan kecil kemungkinan adanya pergantian Ketua Umum Megawati Soekarnoputri pada Kongres pada April 2025 mendatang. Menurut Said, sampai saat ini arus bawah di PDIP masih menginginkan Megawati sebagai ketua umum. Dia mengatakan sulit untuk PDIP jika melakukan estafet kepemimpinan dalam waktu dekat.

"Kalau membaca arus bawah, kita tahu bersama akan kesulitan PDIP untuk ada estafet dalam waktu dekat, akan ada kesulitan. Kesulitannya apa? Karena begitu bicara PDIP itu sama dengan Megawati Soekarnoputri. Itu fakta, siapapun tidak bisa dihindarkan," kata Said dalam Rakernas PDIP ke-V di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta Utara, Sabtu, 25 Mei 2024.

Meski demikian, Said mengatakan pemimpin PDIP kemungkinan tidak berganti. Ia memastikan regenerasi di partai banteng mulai dari level ranting, DPC, DPD, hingga DPP akan terus terjadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya