Saan: Tantangan Partai, Cari Figur Saingi SBY

Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat SBY buka Rakornas
Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma

VIVAnews - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Saan Mustofa, menyatakan semua partai politik kini menghadapi tantangan untuk mencari tokoh pemimpinan nasional mendatang yang hebat. Menurut Saan, tokoh tersebut mesti dapat memulihkan kembali kepercayaan masyarakat di tengah kondisi masyarakat hampir putus asa pada dunia politik.

"Kepercayaan publik sedang turun, tantangan bagi parpol bagaimana mampu mencari tokoh yang dapat membuat publik kembali naik tingkat kepercayaannya," ujar Saan di DPR RI, Jakarta, Selasa 28 Februari 2012.

Sejumlah figur yang diprediksikan bakal menjadi capres di pemilu 2014, menurut Saan, belum ada yang mampu menyaingi sosok Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono yang ketokohannya mendapat apresiasi tinggi dari masyarakat.

"Partai yang bertugas mencarinya. Di survei-survei itu kan rata-rata tokoh hanya dapat dukungan 15 persen. Tidak ada yang melampaui SBY," kata Saan.

Meski begitu, Saan yakin semua partai berupaya mendapatkan tokoh yang bakal diusung menjadi capres melalui mekanisme seleksi masing-masing. "Parpol pasti punya mekanisme masing-masing untuk menjaring tokoh berkemampuan dan bisa mengembalikan kepercayaan publik itu," kata Saan.

Bagaimana dengan Demokrat sendiri, apakah akan mengusung kader sendiri atau mencari tokoh di luar partai untuk diusung menjadi capres? "Kami tidak pernah punya kekhawatiran akan kekurangan stok tokoh," kata Saan.

Namun Saan tak mau menjelaskan lebih detail kriteria tokoh seperti apa yang bakal diusung oleh Demokrat. "Kami belum bicarakan figur-figur," kata Saan. (sj)

Indonesia, UAE Sign Agreement to Use Local Currency Transaction
Gofar Hilman gandeng Cupi Cupita di nikahan Rizky Febian dan Mahalini

Gofar Hilman Gandeng Cupi Cupita di Nikahan Rizky Febian dan Mahalini, Netizen: Kapan Nyusul?

Momen Gofar Hilman gandeng Cupi Cupita saat kondangan ke nikahan Rizky Febian dan Mahalini menjadi sorotan. Banyak yang bertanya kapan Gofar akan menikahi Cupi Cupita

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024