HNW: Para Santri Sudah Banyak Berbakti bagi NKRI

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid
Sumber :

VIVA.co.id – Antara Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI dengan para santri dan dunia pesantren sudah terjalin hubungan sejak lama. Itu bisa dilihat dari perjalanan MPR mulai awal berdirinya hingga saat ini. Namun, peran serta dan bakti santri tidak hanya dengan MPR saja  tapi juga dengan bangsa Indonesia secara luas.

Komitmen PKS Hormati Kiai Santri, Jazuli: Bukan untuk Kepentingan Politik Jangka Pendek

Peran dan hubungan MPR dengan santri bisa dilihat dari sosok Ketua MPR pertama, yaitu KH. Idam Khalid. Idam Khalid merupakan seorang alumni pesantren. Beliau merupakan  sosok spesial. Pernah menjadi  Wakil Perdana Menteri. Dan tercatat sebagai Ketua PBNU terlama pada akhir tahun 50 an.

Pernyataan itu disampaikan Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid saat menerima peserta program kaderisasi ulama yang dilaksanakan Universitas Darussalam Gontor. Acara tersebut berlangsung di Ruang GBHN, Kompleks MPR, DPR dan DPD pada Kamis 28 Januari 2016. Ikut hadir dalam acara tersebut Ketua Fraksi PKS MPR RI Soenmandjaja.

UIN Bandung Gelar Malam Puncak Hari Santri 2023: Bukti Jihad Santri, Jayakan Negeri

Sikap kenegarawanan Idam, menurut Hidayat berkontribusi terhadap keutuhan  NKRI. Bersama  Mr. Kasman Singodimejo, Idham Khalid menjadi  sosok penting diterimanya sila pertama Pancasila Ketuhanan Yang Maha Esa. Sekaligus membatalkan berlakunya Piagam Jakarta.

"Ini menjadi bukti bahwa NKRI bisa berlanjut karena sikap kenegarawanan santri", kata Hidayat.

Relawan Asandra Caleg PPP Gelar Hari Santri: Bawa Perubahan Positif

Karena itu menurut Hidayat, MPR bukan tempat yang baru bagi dunia pesantrean. Mulai dari orde lama, orde baru, hingga era reformasi seperti sekarang ini. Bahkan, bangsa Indonesia sudah begitu dekat dan terbiasa dengan sikap-sikap kenegarawanan santri. Karena selain Idam Khalid, masih banyak santri lain yang berkontribusi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara antara lain,  KH. Hasyim Asy'ari,  Mr. Syafrudin Prawira Negara, sampai  Dr. Muhammad Natsir.

Prabowo Subianto sopiri Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi

Prabowo Subianto Bakal Lanjutkan Program Inkubasi Bisnis Pesantren Jokowi

Calon presiden atau capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, menyatakan bakal melanjutkan program inkubasi bisnis untuk pesantren. Era Jokowi juga dibuat adanya Hari Santri

img_title
VIVA.co.id
17 Desember 2023