Kriteria Ideal Calon Ketua Umum Golkar

Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVA.co.id – Menjelang Musyawarah Nasional (Munas) Golkar pada April mendatang, para calon ketua umum berlomba-lomba mencari dukungan. Sejumlah calon bahkan sudah mulai melakukan safari politik ke berbagai DPD Partai Golkar yang memiliki hak suara.

Setya Novanto Cari Pengganti yang Visinya Sama

Namun, menurut politikus Golkar yang juga Ketua Komisi III, Bambang Soesatyo, ada beberapa kriteria calon ketua umum yang diinginkan kader partainya.

"Kader capek soal konflik, mereka butuh figur yang mampu merangkul semua pihak," kata Bambang Soesatyo di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin, 29 Februari 2016.

Ketua DPR Resmikan Masjid Agung At-Taqwa Kutacane

Dia mengatakan para kader ingin agar ketua umum nantinya adalah yang memiliki posisi di lembaga negara namun juga memiliki hubungan yang baik dengan pemerintah. Dengan demikian tak lagi ada potensi konflik partai yang membuat status kepengurusangan "digantung".

Pastinya, kata Bambang, yang perlu dicermati adalah calon Golkar 1 merupakan orang yang tidak memiliki celah kasus atau potensi pelanggaran hukum pada masa yang akan datang sehingga tak akan membuat nama partai tercemar.

Klaim Keberhasilan Ade Komarudin Sejak Jadi Ketua DPR

"Agar partai tidak terbebani dan tidak menjadi beban partai di kemudian hari," kata Bambang.

Sederet nama yang rencananya merupakan bakal calon ketua umum antara lain Setya Novanto, Ade Komarudin, Idrus Marham, Nurdin Halid, Aziz Syamsuddin dan Airlangga Hartarto.

"Sehingga tidak terulang lagi peristiwa lalu yaitu kepengurusan digantung," kata dia soal pentingnya kedekatan calon ketua umum dengan pemerintah. (ase)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya