Calon Kepala Daerah Diminta Jelaskan Asal Usul Hartanya

Ilustrasi suasana saat Pilkada Serentak.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Mantan kader Partai Demokrat, Tridianto, mengatakan saat ini masyarakat membutuhkan pemimpin yang visinya anti korupsi dan benar-benar bersih. Menurutnya, pemimpin yang tidak bersih bukan zamannya lagi.

DKPP Ungkap Laporan Pelanggaran Pemilu 2024 Terbanyak dari Provinsi Papua

"Itu tipe pemimpin yang cocoknya buat masa lalu. Bukan untuk zaman sekarang," kata Tridianto dalam keterangannya, Jumat, 9 Desember 2016.

Terkait dengan hal itu, lanjut orang dekat mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum itu, maka para calon Kepala Daerah perlu menjelaskan secara detil asal-asal harta kekayaannya. Bukan hanya menuliskan laporan mengenai jumlahnya saja.

Ingin Duet Lagi di Pilkada Jatim, Khofifah Akui Merasa Nyaman dan Produktif bersama Emil

"Tidak terkecuali untuk Pilgub Jakarta yang menjadi perhatian luas," kata dia menyarankan.

Oleh karena itu, Tri menilai baik Agus Yudhoyono, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, maupun Anies Baswedan, harus menjelaskan apa saja hartanya dan dari mana asalnya. Hal ini agar menjadi bagian dari penilaian masyarakat sebelum menjatuhkan pilihan.

Mantan Dubes Turki Lalu Muhammad Iqbal Maju di Pilgub NTB 2024

"Sekaligus ini agar masyarakat tidak bertanya-tanya tentang jumlah kekayaan mereka yang dianggap fantastis. Ayo, jujur saja jelaskan kepada masyarakat," tuturnya.

Sekedar diketahui, hari ini merupakan hari peringatan anti korupsi sedunia. Sejauh ini, para calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta sudah melaporkan hartanya ke Komisi Pemberantasan Korupsi.

Mensos Tri Rismaharini Hadiri Sidang Perselisihan Hasil Pilpres 2024

Risma Belum Bisa Imbangi Khofifah untuk Pilkada Jawa Timur, Menurut Pengamat

Pengamat politik menyebut Khofifah Indar Parawansa lebih memiliki modal jaringan politik untuk Pilkada Serentak 2024 daripada Tri Rismaharini alias Risma.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024