Kunjungi Stasiun Tugu Yogyakarta, Menhub Budi Cek Penggunaan GeNose

Menhub Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • Cahyo Edi/VIVA.

VIVA – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengunjungi Stasiun Tugu Yogyakarta, Minggu 14 Februari 2021. Budi Karya dalam kunjungannya ini menyempatkan untuk mengecek penggunaan alat skrining COVID-19 di Stasiun Tugu.

Taiwan Siap Berbagi Pengalaman Pelayanan Medis dengan Indonesia

Budi Karya menyebut GeNose buatan UGM ini dipakai di sejumlah stasiun untuk skrining penumpang kereta api (KA) jarak jauh. Salah satu stasiun yang dipasang GeNose adalah Stasiun Tugu Yogyakarta.

"Saya ke Yogyakarta ini untuk memastikan pemanfaatan GeNose berjalan dengan baik. Kita sudah melakukannya di Tugu dan Pasar Senen," kata Budi Karya.

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Budi Karya berharap penggunaan GeNose sebagai alat skrining COVID-19 bisa diperluas. Budi Karya menilai GeNose mempunyai sejumlah keunggulan dibanding alat skrining lainnya.

Baca juga: Lestarikan Mangrove, RI Bisa Untung Triliunan Rupiah

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

"Protokol kesehatan dapat diterapkan di mana saja. Di kantor-kantor, lapangan terbang. Karena ini (GeNose) mudah, tidak sakit, tidak sakit dan murah," urai Budi Karya.

Budi Karya menerangkan bahwa tenaga pengelolaan GeNose haruslah dilakukan oleh tenaga profesional. Tenaga profesional ini dinilai akan menghasilkan data yang profesional dan akurat pula.

Selain mengecek penggunaan GeNose sebagai alat skrining, Budi Karya juga sempat membagikan masker. Masker ini dibagikan kepada penumpang-penumpang kereta yang sedang antre untuk melakukan rapid test maupun yang di-test memakai GeNose

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya