Induk Usaha Shopee Juga Pangkas Bisnis di Kolombia hingga Meksiko

Kantor pusat SEA Group, induk usaha Shopee, di Singapura.
Sumber :
  • DealStreetAsia

VIVA Bisnis – Shopee Indonesia menyampaikan kabar mengejutkan. Sebanyak 3 persen karyawannya akan terkena kebijakan pemutusan hubungan kerja (PHK). Ternyata, sebelum di Indonesia, bisnis Shopee di berbagai negara juga sudah mulai dipangkas. 

Pentingnya Refleksi Tengah Tahun untuk Evaluasi Resolusi yang Dituju

Dilansir dari The Strait Times, Induk usaha Shopee, Sea Group Ltd telah memangkas operasi lokal di Chili, Kolombia dan Meksiko, dan menutup operasi di Argentina sepenuhnya. Hal ini disampaikan kepada karyawan menurut tiga sumber dengan pengetahuan langsung tentang masalah tersebut dan email internal. 

Masih menurut sumber itu, perusahaan yang berbasis di Singapura itu akan mempertahankan operasi lintas batas di Chile, Kolombia dan Meksiko. Mereka akan memotong sebagian besar timnya di negara-negara tersebut, yang memengaruhi banyak karyawan.

5 Negara yang Bisa Hidup Mewah dengan Biaya Hidup Lebih Murah

Brasil, di mana Shopee menjadi pemain dominan, tidak akan terpengaruh. Dalam email internalnya, CEO Shopee Chris Feng menulis surat kepada karyawan.

"Mengingat ketidakpastian makro yang meningkat saat ini, perusahaan perlu memfokuskan sumber daya pada operasi inti dan telah memutuskan untuk berkonsentrasi pada lintas-model perbatasan di Meksiko, Kolombia dan Chili," tulis CEO.

Lubang Biru Terdalam di Dunia Ditemukan, Misteri Goa dan Terowongan Tersembunyi

Platform belanja online Shopee.

Photo :
  • Shopee

Shopee kemudian mengkonfirmasi dalam sebuah pernyataan kepada media bahwa mereka akan mengoperasikan model lintas batas di Chili, Kolombia dan Meksiko. "Dan ditutup di Argentina".

Amerika Latin adalah wilayah Laut yang paling penting setelah Asia Tenggara, menyumbang hampir 19 persen dari pendapatannya pada tahun 2021. 

Shopee berekspansi ke Meksiko, Chili, dan Kolombia hanya setahun yang lalu - atau dua tahun setelah masuk ke Brasil - mendukung peningkatan kawasan ini populasi muda, pengguna mobile-savvy.

Pendapatan Shopee kuartal kedua di Brasil, pasar intinya di Amerika Latin, naik lebih dari 270 persen dari tahun sebelumnya. 

Layanan ini juga menempati peringkat pertama berdasarkan rata-rata pengguna aktif bulanan dalam kategori belanja di Brasil, kata Sea dalam laporan pendapatan kuartalannya, mengutip analisis dari data.ai.

Mundurnya Sea dari Amerika Latin tidak mengejutkan, kata Zennon Kapron, direktur pelaksana perusahaan konsultan Kapronasia yang berbasis di Singapura. 

"Jelas berada dalam lingkungan 'risk-off' dengan kenaikan suku bunga dan meningkatnya ketidakpastian di sekitar arah ekonomi global," katanya.

Bos Manajemen Puncak Tidak Digaji

Kantor pusat Shopee di Singapura.

Photo :
  • VIVAnews/Daurina Lestari

Diberitakan VIVA Tekno sebelumnya, Manajemen puncak dari perusahaan Sea Ltd tidak akan menerima gaji dan memperketat kebijakan pengeluaran perusahaan karena induk dari Shopee dan Garena itu mencoba melindungi diri dari perlambatan ekonomi yang mengancam perusahaan teknologi.

"Tim kepemimpinan telah memutuskan bahwa kami tidak akan mengambil kompensasi tunai sampai perusahaan mencapai swasembada," kata CEO Sea, Forrest Li dalam memo internal yang dikirim ke staf, beberapa hari setelah Sea menutup operasi di sejumlah pasar dan memangkas karyawan di seluruh divisinya.

"Kita sekarang dapat melihat bahwa ini bukan badai yang berlalu dengan cepat. Kondisi negatif ini kemungkinan akan bertahan hingga jangka menengah," tulisnya, melansir dari situs The Star, Kamis, 15 September 2022.

Dalam surat 1000 kata-nya, miliarder itu berbicara langsung tentang perjuangan Sea di era kenaikan suku bunga, percepatan inflasi dan pasar yang bergejolak. Perusahaan telah kehilangan sekitar US$170 miliar dari nilai pasar.

“Dengan investor yang melarikan diri, kami mengantisipasi keadaan di masa depan yang berpotensi tidak dapat mengumpulkan dana di pasar,” katanya, menegaskan kembali bahwa tujuan utama perusahaan untuk 12 hingga 18 bulan ke depan adalah untuk mencapai arus kas positif sesegera mungkin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya