AP II Target Kenaikan 1,38 Juta Penumpang di Bandara Soetta Selama Libur Nataru

Suasana di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

VIVA Bisnis – PT Angkasa Pura (AP) II Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta atau Soetta, Tangerang memprediksi adanya kenaikan penumpang dalam periode Natal dan Tahun Baru 2023 mencapai 1,38 juta orang.

Detik-detik Menegangkan Pesawat Rombongan Jemaah Haji Sulsel Terbakar di Udara

Director of Operation AP II Muhamad Wasid mengatakan, Bandara Soekarno-Hatta menjadi bandara tersibuk selama angkutan Nataru, di mana diprediksi pergerakan penumpang mencapai 1,38 juta dan pesawat sebanyak 10.052 penerbangan.

"Kita prediksi ada kenaikan, terlebih saat ini pergerakan transportasi sudah mulai membaik pasca pandemi COVID-19," katanya di Tangerang, Banten, Senin, 19 Desember 2022.

Pesawat Garuda Indonesia Bawa Jemaah Haji Asal Makassar Terbakar, Manajemen Buka Suara

Baca juga: Harga Emas Hari Ini 19 Desember 2022: Global dan Antam Tergelincir

Lanjutnya, pihak pengelola juga telah melakukan berbagai program di Bandara Soekarno-Hatta untuk mendukung periode Natal dan Tahun Baru 2023, diantaranya program penyeimbangan kapasitas terminal.

Usai Mendarat di Bandara Madinah, Ini Alur Kedatangan yang Dilakukan Jemaah Haji

"Ada penyeimbangan kapasitas terminal, di mana dilakukan perpindahan operasional seluruh penerbangan internasional Lion Air Group dari Terminal 3 ke Terminal 2F mulai 16 Desember 2022 agar setiap terminal dapat optimal," ujarnya.

Ratusan calon penumpang pesawat mengantre untuk masuk kedalam Terminal 1 C Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten,

Photo :
  • ANTARA/Muhammad Iqbal

Sementara itu, secara keseluruhan, pihak AP II juga memprediksi adanya peningkatan di 20 bandar udara yang dikelolanya dalam periode nataru.

Di mana, jumlah pergerakan penumpang di 20 bandara saat angkutan Nataru pada mulai 19 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023, diproyeksikan 2,54 juta penumpang atau naik 26,36 persen dibandingkan periode sama tahun 2021, yakni 2,01 juta penumpang.

Sementara itu pergerakan pesawat diprediksi 20.349 penerbangan, meningkat 6,56 persen dari sebelumnya 19.096 penerbangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya