IHSG Dipengaruhi Lonjakan Wisatawan Mei 2023, Intip Rekomendasi Saham Hari Ini

Pergerakan IHSG (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • VIVAnews/M Ali Wafa

Jakarta – Indeks harga saham gabungan atau IHSG menguat 2 poin atau 0,04 persen di level 6.721, pada pembukaan perdagangan Kamis, 6 Juli 2023.

Diduga Ada Persekongkolan Jahat Pelaksanaan Lelang Barang Rampasan Benda Sita Korupsi Paket Saham

Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih, memprediksi bahwa IHSG bakal bergerak mixed pada perdagangan hari ini.

"Hari ini IHSG diprediksi bergerak mixed," kata Ratih dalam riset hariannya, Kamis, 6 Juli 2023.

RUPST Adaro Energy Sepakat Bagikan Dividen Final US$400 Juta

Dia menjelaskan, wisatawan mancanegara (wisman) di Indonesia melonjak 166,42 persen secara year-on-year (yoy), menjadi 945 ribu orang pada Mei 2023. Hal itu terjadi di tengah pemulihan berkelanjutan sektor pariwisata, karena ekonomi kembali dibuka sepenuhnya dari pembatasan akibat pandemi.

IHSG.

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin
Neraca Perdagangan RI Surplus 4 Tahun Beruntun, Terpanjang Sepanjang Sejarah?

"Kedatangan internasional didominasi oleh pengunjung dari Malaysia 77,90 persen, Singapura 264,02 persen, dan Australia 229,70 persen," ujar Ratih.

Pada lima bulan pertama 2023, kedatangan wisatawan melonjak 312,91 persen dari periode yang sama tahun 2022. Tahun lalu, kedatangan wisatawan melonjak 251,3 persen menjadi 5,47 juta, melebihi target pemerintah sebesar 3,6 juta pengunjung.

Hal itu antara lain turut didukung oleh peningkatan perjalanan global. Seperti misalnya negara-negara di Asia Tenggara, yang telah menetapkan target lebih dari 7 juta pengunjung di tahun ini.

Karyawan mengambil gambar layar pergerakan harga saham (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Selain itu, Dia juga memberikan sejumlah rekomendasi mengenai saham-saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini, di antaranya yakni TBIG, SMDR, ACES.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya