Badai di Kemendag, dari Minyak, Gula, Garam hingga Besi, Zulhas: Kami Tetap Kerja Optimal

Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan akan mendukung penuh Kejaksaan Agung dalam mengusut dugaan korupsi impor gula. Hari ini, kantornya digeledah oleh tim penyidik Kejaksaan Agung terkait kasus dugaan korupsi impor gula.

Zulhas Sebut Eko Patrio Pantas Menteri, Gerindra: Kami Senang-senang Saja

“Kita tentu mendukung penuh penegak hukum melalui Kejaksaan Agung atau aparat hukum lainnya agar bersih,” katanya, Selasa, 3 Oktober 2023. 

Zulhas sapaan akrabnya menambahkan, banyak hal yang terjadi di Kementerian Perdagangan semenjak ia menjabat. 

Bea Cukai Tegaskan Tak Ada Batasan Barang Bawaan Penumpang

Zulhas Apresiasi Industri Kreatif Otomotif RI

Photo :
  • Istimewa

“Kemendag ini begitu saya masuk memang banyak badai, terjadi badai. Satu masalah minyak goreng, dua masalah gula, tiga masalah garam, empat masalah besi. Sekarang ya jadi badai itu masih berlangsung sampai sekarang. Oleh karena itu kita dukung sepenuhnya agar ini bisa selesai sehingga itu Kemendag jadi lebih bagus,” kata dia.

Cek Penerapan Aturan Impor untuk PMI di Bandara Soetta, Mendag Zulhas Temukan Ini

Meski diterpa badai, Zulhas menyebut tidak mempengaruhi kinerja Kemendag. Pihaknya akan tetap bekerja optimal.

“Walaupun demikian, kami tetap bekerja secara optimal dengan kemarin Natal, tahun baru sampai lebaran stok dan harga pangan aman tidak ada masalah,” tambahnya.

Mendag Zulkifli Hasan atau Zulhas

Photo :
  • Antara

Zulhas melanjutkan, persoalan hukum yang terjadi di Kemendag masih dalam proses. “Tapi memang buntut badai yang dihadapi Kemendag yang waktu itu mulai setahun lebih yang lalu apakah soal minyak, gula, garam, besi buntutnya masih sampai sekarang dalam proses penyelesaian hukum,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Kejaksaan Agung (Kejagung) RI menggeledah kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag) terkait dengan kasus dugaan korupsi impor gula pada Selasa, 3 Oktober 2023.  

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kuntadi mengatakan penggeledahan dilakukan setelah penyidik resmi meningkatkan status kasus dugaan korupsi impor gula itu ke tahap penyidikan.

"Terkait penyidikan impor hari ini dilakukan penggeledahan di Kementerian Perdagangan dan di PT PPI. Hasilnya? Mari kita tunggu," kata Kuntadi dalam konferensi pers, Selasa, 3 Oktober 2023. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya