Gantikan Luhut Jadi Menko Marves, Erick Thohir: Tidak Ada Kesulitan, Hanya Kurang Tidur

Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • Dok. Kementerian BUMN

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah menunjuknya sebagai Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Ad Interim, menggantikan Luhut Binsar Pandjaitan yang tengah menjalani pengobatan.

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

"Saya berterima kasih atas Kepercayaan Bapak Presiden. Tentu amanah ini sangat berat, tapi harus saya lakukan sebaik-baiknya," kata Erick dikutip dari unggahan akun TikTok @Biasnya Jeon Wonwoo, Kamis, 12 Oktober 2023.

Dia meyakini bahwa Menko Luhut sebenarnya juga sudah memiliki tim yang kuat di Kemenko Marves, yang selama ini telah bekerja keras dalam menyukseskan berbagai program dan proyek yang harus diselesaikan.

Presiden Jokowi dan Iriana Hadir hingga Beri Karangan Bunga di Pernikahan Mahalini - Rizky Febian

Presiden Jokowi didampingi Menteri BUMN Erick Thohir

Photo :
  • Dok. Istimewa

"Saya yakini di tempat Menko Marinves, Pak Luhut punya tim yang kuat, yang mungkin selama ini banyak kerjaan-kerjaan Pak Menko Berhasil," ujarnya.

Ajak 38 DPW PAN ke Istana, Zulhas Tak Bahas Kabinet dengan Jokowi

Erick menjelaskan, salah satu bukti solidnya tim di Kemenko Marves pimpinan Luhut itu, misalnya dalam upaya percepatan proyek pembangunan Kereta Cepat Whoosh relasi Jakarta-Bandung. Dimana, hal itu antara lain merupakan hasil koordinasi dan kerja sama yang sangat erat, antara Kemenko Marves dengan Kementerian BUMN.

"Ya seperti kerja sama antara kami BUMN dengan Pak Menko ketika percepatan Kereta Cepat Whoosh, di mana kita lebih terkorporasi membangun infrakturktur macam-macam. Pak Menko kan juga mendorong percepatan infrastrukturnya, karena ini lintas (sektor)," kata Erick.

Karenanya, Erick meyakini bahwa pekerjaannya sebagai Menko Marves Ad Interim menggantikan sementara posisi Menko Luhut, akan berjalan dengan baik. Hal itu mengingat solidnya tim di Kemenko Marves maupun di Kementerian BUMN.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan

Photo :
  • VIVA/Yudha Prasetya

Namun, meski meyakini bahwa tidak ada kesulitan dalam menjalani peran ganda sebagai Ketua PSSI, Menteri BUMN, dan Menko Marves Ad Interim secara bersamaan, namun Erick mengaku kerap kurang tidur akibat aktivitasnya tersebut.

"Saya punya tim yang bagus di PSSI, saya punya tim yang bagus di BUMN, Pak Menko juga punya tim yang bagus. Saya rasa tidak ada kesulitan, tinggal kurang tidur," ujarnya.

Luhut Dirawat di RS Singapura
Diketahui, Menko Marves RI Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan kondisi kesehatannya usai dikabarkan mengalami sakit. Kekinian, kondisi Luhut sudah dalam tahap pemulihan namun pemulihan itu dilakukan di Singapura. 

Hal tersebut diungkap Luhut Binsar melalui unggahan di sosial media instagram pribadinya. Luhut mengaku bosan selama berada di rumah sakit, sebab dia kerap melakukan aktifitas di luar rumah.

Tetapi Luhut tetap mengikuti anjuran dokter dan istrinya agar terus beristirahat. Sebagai pejabat publik, Luhut pun mengabarkan kondisinya kepada masyarakat. 

"Tapi saya yakin sikap istri dan keputusan tim dokter adalah yang terbaik untuk saya saat ini. Saya memahami bahwa tugas dan tanggung jawab sebagai pejabat mutlak diketahui oleh publik, untuk itu saya merasa perlu untuk berbagi kabar mengenai kondisi saya," ujar Luhut pada Selasa 10 Oktober 2023. 

Luhut pun memutuskan untuk melakukan pemulihan di Singapura usai mendapatkan tawaran dari Senior Minister Teo Chee Hean. Hal itu dinilai menjadi langkah untuk memungkinkan baginya untuk menjalani pemeriksaan medis secara komprehensif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya