Golongan Manusia yang akan Rasakan Penghimpitan di Alam Kubur

ilustrasi jasad dalam kubur.
ilustrasi jasad dalam kubur.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Manusia yang meninggal dunia akan melalui tahapan kehidupan di alam akhirat. Namun, sebelum memasuki kehidupan alam akhirat tersebut, manusia harus memasuki alam kubur atau yang disebut juga dengan alam barzah.

Alam kubur ini pula yang disebut-sebut sebagai pintu gerbang menuju akhirat atau batas antara alam dunia dan alam akhirat. Mengingat secara bahasa, kata barzah mengandung arti sekat. Selain itu menjadi tempat tinggal bagi mereka yang telah meninggal dunia lebih dahulu hingga datangnya hari kiamat kelak.

Bahkan manusia-manusia yang singgah di sana sudah ada sejak zaman Nabi Adam AS. Manusia yang berada di alam kubur akan dibangkitkan oleh Allah pada hari kebangkitan sesuai dengan surat Ghafir ayat 46. Di mana artinya: "Kepada mereka diperlihatkan nereka, pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya kiamat. (dikatakan kepada malaikat) 'Masukan Fir'aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras.”

Ahlusunah mengimani bahwa di alam kubur akan terjadi peristiwa penghimpitan. Ini didasari oleh beberapa hadis yang sahih, di antaranya: Pertama, hadis dari Aisyah Radhiallahu ‘anha, bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,“Sesungguhnya di alam kubur akan terjadi penghimpitan. Andaikan ada orang yang selamat darinya, maka sungguh Sa’ad bin Mu’adz akan selamat darinya” (HR. Ahmad [6/55], disahihkan Al Albani dalam as-Silsilah al-Ahadits ash-Shahihah no. 1695).

SUMBER ASLI