3 Aturan Piala Dunia 2022 Ini Bikin Negara Barat Tepok Jidat

Piala Dunia 2022
Sumber :
  • AP Photo/Pavel Golovkin

VIVA Bola – Piala Dunia 2022 yang dilangsungkan di Qatar mulai Minggu 20 November 2022 adalah gelaran piala dunia FIFA yang ke-22. Gelaran kali ini adalah pertama kalinya dilaksanakan di Timur Tengah dan diklaim sebagai ajang pertandingan bertaraf internasional termegah dan mahal sepanjang sejarah. 

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

Negara Timur Tengah secara kultur berbeda dengan adat budaya di negara Barat atau Amerika. Ada banyak peraturan yang harus diperhatikan oleh jutaan orang yang akan datang ke Qatar untuk menyaksikan Piala Dunia 2022. Berikut adalah aturan yang harus diperhatikan penonton langsung Piala Dunia yang dirangkum dari berbagai sumber. 

1. Paspor Khusus

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Duel Timnas Qatar vs Ekuador di laga perdana Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Darko Bandic

Hayya Card adalah izin masuk untuk para pengunjung yang telah disediakan oleh pemerintah Qatar selama berlangsungnya perhelatan Piala Dunia 2022, juga sebagai pengganti visa dan kartu identitas yang dipakai untuk tiket memasuki venue pertandingan Piala Dunia Qatar nanti. Menyadur dari situs resmi, cara memperoleh hayya ini sangat mudah dan fleksibel. 

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Para penonton dari seluruh dunia hanya perlu memakai aplikasi bernama Hayya to Qatar 2022. Kemudian mendaftar dengan mengajukan informasi pribadi, foto, detail paspor, dan nomor kontak. Pengajuan ini memerlukan waktu 3 hari untuk warga Qatar dan 5 hari untuk warga asing. Mereka akan diperbolehkan mengunjungi Qatar hingga 23 Januari 2023 tanpa visa. 

2. Aturan Alkohol 

Sake, minuman alkohol khas Jepang

Photo :
  • Japan Guide

Berbeda dengan perhelatan Piala Dunia terdahulu yang setiap negara selalu memperbolehkan para penonton bebas menikmati alkohol dan bisa mudah didapatkan di mana saja. Namun, Qatar adalah negara yang mayoritas muslim, mereka sangat mengatur mengenai peredaran dan penjualan serta pemakaian alkohol dengan ketat . 

Qatar juga menjadi salah satu negara yang memiliki aturan yang tidak membebaskan alkohol. Alkohol ini hanya diperbolehkan dikonsumsi di tempat tertentu dan tidak boleh dikonsumsi di tempat umum. Mengonsumsi alkohol juga dibatasi waktu mulai dari pukul 10 pagi sampai 5 pagi waktu setempat. 

3. Larangan Bendera Pelangi

bendera LGBT

Photo :
  • vstory

Bendera pelangi yang merupakan simbol LGBT juga dilarang digunakan atau dikibarkan di negara tersebut. Al Ansari direktur Departemen Kerjasama Internasional dan Ketua Nasional Kontra Terorisme di Kementerian Dalam Negeri Qatar mengatakan, negara itu tidak menerima pandangan mengenai LGBT. 

Pihaknya tidak melarang penggemar dengan orientasi LGBT datang ke Qatar untuk menyaksikan pertandingan. Namun, yang dilarang adalah kampanye atau simbol LGBT. "Kami disini untuk mengadakan turnamen, bukan untuk mengubah undang undang dan kultur budaya  yang telah disepakati,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya