5 Tim Nasional Sepak Bola Terbaik di Asia Tenggara, Indonesia Peringkat Berapa?

Marselino Ferdinan berduel dengan Wataru Endo
Sumber :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

VIVA – Olahraga yang paling menarik perhatian di seluruh dunia adalah sepak bola. Bukan tanpa alasan, banyak orang rela membayar mahal untuk menonton tim favorit mereka bermain di lapangan.

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

Jika kita berbicara tentang sepak bola, semua orang pasti tahu negara mana yang memiliki tim sepak bola terbaik. Negara-negara seperti Argentina yang baru saja memenangkan piala dunia, Perancis yang memiliki pemain muda berbakat, Brazil dengan kemampuan sepak bola yang indah dan  masih banyak tim berbakat lainnya di seluruh dunia yang dikenal banyak orang.

Pemain Timnas Indonesia U-23, Marselino Ferdinan

Photo :
  • pssi
Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Karena mereka selalu berpartisipasi dalam turnamen sepak bola bergengsi, semua orang tahu tim-tim besar tersebut dan pemainnya selalu menghiasi lapangan hijau klub Eropa. Membicarakan tim dari negara-negara tersebut, ternyata tim Asia Tenggara juga menarik untuk dibahas karena mereka sudah mulai meningkatkan kemampuan mereka.

Dilansir dari Good Stats pada Sabtu, 16 Maret 2024, berikut tim nasional sepak bola Asia Tenggara dengan kemampuan dan peringkat terbaik : 

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

1. Thailand

Timnas Thailand hadapi Timnas Arab Saudi di Piala Asia 2023

Photo :
  • AP Photo/Aijaz Rahi

Timnas Thailand adalah tim nasional sepak bola negara yang aktif bermain di kejuaraan regional dan internasional. Mereka juga menjadi peserta tetap Piala AFF dan AFC.

Tim dengan ikon gajah ini memiliki banyak keunggulan, seperti sering bermain di Piala AFF (Piala Suzuki), mengikuti kualifikasi piala dunia dan pernah menjadi juara ketiga Piala Asia pada tahun 1972, mengalahkan Kamboja dengan skor 5-3 lewat adu penalti.

Timnas Thailand sekarang memiliki poin 1207 dan menduduki peringkat pertama di Asia Tenggara dan ke-101 di dunia.

2. Vietnam

Timnas Vietnam di Piala Asia 2023

Photo :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

Timnas Vietnam merupakan tim nasional sepak bola yang aktif berkompetisi di tingkat regional dan internasional. Sama seperti Thailand, timnas Vietnam juga selalu ikut dalam ajang Piala AFF dan berpartisipasi di kualifikasi Piala Dunia.

Prestasi paling membanggakan yang pernah Vietnam raih yaitu lolos ke semifinal untuk pertama kali sepanjang partisipasi mereka di Piala Asia. 

Timnas Vietnam berada di posisi kedua di liga sepak bola Asia Tenggara dan ke 105 dengan poin 1195, hampir sama dengan Timnas Thailand yang berada di posisi 101 di liga dunia.

3. Malaysia

Pemain Timnas Malaysia meratapi kegagalan di Piala Asia 2023

Photo :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

 Timnas Malaysia adalah tim sepak bola yang aktif. Sama seperti Vietnam dan Thailand, mereka bermain di kompetisi regional dan internasional. Mereka juga selalu bermain di Piala AFF dan bermain di kualifikasi Piala Dunia.

Timnas Malaysia juga memiliki prestasi yang menarik karena mereka pernah menang di Indonesia empat kali. Serupa dengan Piala AFF U-19 2022, Piala AFF 2010, Sea Games 2011 di tingkat U-23, dan Piala AFF U-19 2018.

Dengan poin 1110, tim sepak bola Malaysia berada di posisi ketiga di Asia Tenggara dan ke-132 di dunia.

4. Filipina

Timnas Filipina merayakan gol

Photo :
  • PFF

Timnas Filipina adalah tim sepak bola nasional yang aktif mengikuti turnamen regional dan internasional. Mereka seperti tim sebelumnya, bermain di Piala AFF dan bermain di kualifikasi piala dunia.

Prestasi membanggakan timnas Filipina yaitu bermain di Piala Asia yang kesempatan itu merupakan pertama kali diikuti timnas berjuluk The Azkals tersebut.

Timnas sepak bola Filipina berada di posisi keempat di Asia Tenggara dan ke-139 di dunia dengan poin 1086.

5. Indonesia

Timnas Indonesia Rakayan Gol Marselino Ferdinan

Photo :
  • AP Photo/Hussein Sayed

Timnas Indonesia adalah tim nasional yang sering bermain di kompetisi regional dan internasional. Mereka juga sering bermain di Piala AFF dan mengikuti kualifikasi untuk piala asia dan piala dunia.

Indonesia juga telah mencapai banyak prestasi, seperti meraih juara AFF U-19 2013, masuk 16 besar Asian Games 2014 di Korea Selatan, dan hampir lolos ke piala dunia 1980 di Seoul.

Timnas Indonesia berada di urutan kelima di Asia Tenggara dan ke-142 di dunia dengan poin 1073

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya