Profil Singkat 4 Debutan Timnas Indonesia, Bisa Bikin Vietnam Ketar-ketir!

Jay Idzes dan Thom Haye
Sumber :
  • PSSI

JakartaTimnas Indonesia memanggil empat pemain debutan saat menghadapi Timnas Vietnam dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Debutan bukan sembarang debutan!

Piala Asia Wanita U-17 Segera Dimulai di Pulau Dewata, Gratis Buat yang Mau Nonton

Empat debutan ini semuanya berstatus sebagai pemain naturalisasi. Yang bikin wah, semuanya berkarier di klub Eropa.

Berikut profil singkat empat debutan tersebut:

5 Potret Keharmonisan Keluarga Shin Tae-yong dan Istri Cantiknya yang Bak Artis Korea

1. Jay Idzes
Jay Noah Idzes merupakan pesepakbola kelahiran 2 Juni 2000. Pemain yang biasa menempati posisi bek tengah tersebut merupakan keturunan Indonesia dari kakek (ayah dari ibunya) yang lahir di Semarang, Jawa Tengah. Jay Idzes tercatat sebagai pemain klub Liga Italia Serie B, Venezia.

Pemain Venezia, Jay Idzes

Photo :
  • https://www.instagram.com/veneziafc
Pesan KBRI Doha untuk Suporter Jelang Timnas Indonesia U-23 Vs Irak

Awal karier sepak bola Idzes dimulai saat bermain untuk klub amatir SC Brabant di Mierlo. Di sana ia bermain selama 1,5 tahun, sebelum saat berusia sembilan tahun dilirik oleh pencari bakat dari PSV Eindhoven.

Idzes lantas berlatih di akademi PSV selama lima tahun. Setelah itu, ia bergabung dengan akademi VVV-Venlo & Helmodsports pada 2014.

Jay bertahan selama dua tahun di klub tersebut, sebelum kemudian pindah ke FC Eindhoven dan bermain di tim akademi juniornya. Setelah dua tahun mencari ilmu dan pengalaman di tim junior, Idzes mulai dibutuhkan oleh tim inti Eindhoven dan mencatatkan 57 penampilan di sana. Ia berikutnya pindah ke Go Ahead Eagles hingga awal musim 2023.

Pada 30 Juni 2023, Idzes kemudian pindah ke klub strata kedua Italia, Venezia, dengan ikatan kontrak selama empat tahun.

2. Nathan Tjoe A On
Nathan Tjoe-A-On merupakan pemain keturunan alias diaspora yang lahir di Rotterdam, Belanda. Produk asli akademi Excelsior, Nathan menghuni tim utama Excelsior sejak 2019 silam.

Nathan Tjoe-A-On

Photo :
  • PSSI

Pada jendela transfer musim panas 2023 ini, Nathan Tjoe-A-On bergabung dengan klub Championship, Swansea City. Ia didatangkan dengan biaya transfer senilai 348 ribu euro atau setara dengan kurang lebih 5,2 miliar rupiah.

Pada 25 Januari 2024 lalu, Nathan dipinjamkan ke klub Eredivisie Belanda, Heerenveen. Itu membuatnya seklub dengan pemain Indonesia lainnya, Thom Haye.

3. Thom Haye

Thom Haye lahir pada 9 Februari 1995. Ia merupakan pesepak bola berkebangsaan Belanda yang memiliki darah Indonesia.

Thom Haye

Photo :
  • Instagram @thomhaye

Darah keturunan Indonesia milik Thom mengalir dari kakek dan neneknya. Kakek Thom diketahui berasal dari Solo, Jawa Tengah. Adapun nenek Thom merupakan orang yang berasal dari Pulau Sulawesi.

Thom Haye merapat ke SC Heerenveen pada 31 Januari 2022. Bersama klub Eredivisie Belanda itu, statistik Thom masih cukup baik. Tiga musim bersama Heerenveen, dia mencetak 6 gol dari 77 pertandingan.

4. Ragnar Oratmangoen
Ragnar Oratmangoen merupakan pemain sepak bola kelahiran 21 Januari 1998 di Oss, Belanda. Ragnar mempunyai tinggi badan 180 cm dan bermain untuk posisi sayap, gelandang serang.

Ragnar Oratmangoen

Photo :
  • fortunasittard

Pria berusia 25 tahun tersebut mempunyai darah Indonesia dari kakeknya yang berasal dari Maluku. Selain itu nama Oratmangoen merupakan salah satu marga yang ada di Kepulauan Tanimbar.

Ragnar diketahui sebagai seorang muslim dan pindah dari Indonesia ke Belanda sekitar 1950 bersama keluarga ayahnya. Saat ini Ragnar Oratmangoen tengah bermain untuk klub Fortuna Sittard sejak September 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya