Bertemu Gonzales, Gus Ipul Soroti Kerusuhan Suporter

Cristian Gonzales.
Sumber :
  • VIVA/Rahmad Noto (19-04-18)

VIVA – Calon Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), menyempatkan diri bertemu dengan mantan  bintang sepakbola Timnas Indonesia, Cristian Gonzales di Kedai Ketan Punel d'Bungkul, Surabaya, Kamis 19 April 2018. 

Gus Ipul Sarankan PKB Sowan ke Rais Aam dan Ketum PBNU: Minta Nasihat Gitu

Dalam pertemuan santai itu Gus Ipul dan Gonzales berbagi cerita tentang sepakbola, khususnya Jawa Timur. Selain itu, calon gubernur nomor urut dua itu juga mengenalkan buku berjudul, "Jawa Timur Kiblat Sepakbola Indonesia".

"Potensi sepakbola di Jawa Timur ini sangat besar. Jumlah klubnya terbanyak di Indonesia dari semua level. Suporternya juga luar bisa. Tinggal kita mengelola dan memperbaiki apa yang kurang, " ucap Gus Ipul. 

Gus Ipul Sindir PKB Belum Beri Selamat ke Prabowo-Gibran: Apresiasi Pilihan Rakyat Itu Penting

Salah satu yang sudah ada di benak Gus Ipul adalah memperbanyak infrastruktur, termasuk membenahi lapangan yang ada di desa, "Biarpun di desa lapangan harus bagus, karena dari situ akan lahir pemain-pemain bagus, " ujarnya. 

Ricuh suporter usai duel Arema FC kontra Persib Bandung

Gus Ipul Bicara soal Pergantian Cak Imin dari Ketua Umum PKB: Harus Regerenasi

Salah satu yang menjadi pekerjaan rumah bersama, lanjut Gus Ipul, adalah masalah suporter, "Tinggal bagaimana kita bersama menangani suporter. Jangan ada lagi kerusuhan, keributan apalagi sampai jatuh korban. Kita harus bersama-sama menghilangkan ini," pinta Gus Ipul. 

Seperti diketahui, dalam pekan ini dua kabar duka terjadi dalam sepakbola Indonesia yang melibatkan tim Jawa Timur. Setelah meninggalnya Bonek, pendukung Persebaya akibat diserang sekolompok warga di Solo, sehari kemudian pecah kerusahan di Kanjuruhan Malang dalam laga Arema vs Persib Bandung.  Peristiwa ini juga terjadi korban meninggal dunia setelah sempat dirawat di rumah sakit. Keduanya, masih berstatus pelajar. 

Sementara itu, Gonzales mengaku selama berkiprah di Indonesia, Jawa Timur punya ciri khas tersendiri. Pemain yang kini diperebutkan Madura United dan PSS Sleman ini sangat respek terhadap perkembangan sepakbola di Indonesia. 

"Dibandingkan dulu, kondisi sepakbola Indonesia sekarang jauh lebih baik. Saya yakin prestasi Indonesia akan baik. Banyak pemain-pemain bagus, termasuk di Jawa Timur," ucap pemain berjuluk El Loco ini. 

Yang unik, dalam pertemuan Gus Ipul dan Gonzales ini juga dihadiri  puluhan Bonek dan pengujung kedai.  Mereka berebut foto bersama dengan Gus Ipul dan Gonzales meski tidak pernah bermain untuk Persebaya. 

"Ya seperti ini, pemain maupun suporter akur, kabeh sedulur, semua makmur. Sebentar lagi Jatim jadi tuan rumah Piala AFF baik U-19 maupun U-16, jaga bersama-sama. Karena di Jawa Timur ini, Indonesia pernah jadi juara, kita dukung bersama," pesan Gus Ipul sebelum meninggalkan lokasi. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya