Elemen Penting yang Harus Diperbaiki Timnas Demi Bekuk Timor Leste

Sejumlah pemain timnas Indonesia tertunduk usai kalah dari timnas Singapura dalam penyisihan grub B Piala AFF 2018 di Stadion Nasional Singapura
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Timnas Indonesia akan melakoni partai kedua di Piala AFF, Selasa 13 November 2018. Mereka harus berduel melawan Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno, besok.

Bukan Hina Pemain Korea Selatan, Ernando Minta Maaf dan Jelaskan Alasan Joget Usai Gagalkan Penalti

Pertandingan yang penting bagi Timnas. Sebab, tambahan tiga poin akan menghidupkan peluang Timnas untuk lolos ke semifinal. Kalah atau imbang, maka langkah mereka akan semakin berat untuk melaju ke semifinal.

Sebelum bicara menang atas Timor Leste, sebaiknya kita membahas apa yang perlu diperbaiki Timnas. Dari laga melawan Singapura, banyak hal yang patut disorot. Mental bertanding, sudah pasti.

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

Tapi, yang tak kalah penting adalah komunikasi. Aspek ini sama sekali tak terlihat di laga melawan Singapura.

Di era Luis Milla Aspas, para pemain otomatis bisa bekerja sama dalam setiap pertandingan. Hanya saja, itu tak terlihat di rezim Bima Sakti Tukiman.

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

"Masalah laga melawan Singapura ada di komunikasi. Saat itu, komunikasi kurang, pemain menjadi gugup. Kondisinya adalah kami juga terus ditekan pemain Singapura. Jadi, jati diri kami hilang. Saya berharap ada kebangkitan besok," ujar Bima, Senin 12 November 2018.

Bima mengaku sudah melakukan evaluasi terkait kekurangan di laga melawan Singapura. Diharapkan, para pemain bisa tampil dalam level konsentrasi tinggi agar segala macam taktik dan strategi bisa diterapkan dengan konsisten.

"Kami sudah lupakan kekalahan, siap bertanding. Suasana tim sudah membaik. Kami masih memiliki tiga pertandingan lagi untuk diperjuangkan," ujar bek Timnas, Gavin Kwan Adsit. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya