Disiplin di Bawah Tekanan, Poin Penting Kemenangan Inggris

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate
Sumber :
  • REUTERS/Christian Hartmann

VIVA – Gareth Southgate puas dengan penampilan Timnas Inggris saat memetik kemenangan dramatis atas Kolombia. Juru taktik armada Tiga Singa memuji kedisiplinan timnya dalam laga tersebut.

Media Korsel Sorot Timnas Indonesia: Senjata Paling Berbahaya Mereka Adalah STY

Inggris secara dramatis mampu menghentikan laju Kolombia di Piala Dunia 2018, usai menang dalam adu tendangan penalti 4-3 (1-1) dalam laga babak 16 besar di Spartak Stadium, Moskow, Rabu 4 Juli 2018 dini hari WIB.

Usai pertandingan, Southgate menyatakan bahwa Inggris memang sudah sepantasnya memenangkan laga ini. Meski sempat diimbangi Kolombia lewat gol Yerry Mina di menit injury time babak kedua, namun Southgate melihat pasukannya sama sekali tak kendur dalam menerima tekanan Kolombia.

Momen STY Dilempar Telur Kembali Viral Jelang Indonesia vs Korsel, Warganet: Buktikan Coach

(Baca Juga: Dramatis, Inggris Pulangkan Kolombia)

Tetap disiplin dan beringas meski berada di bawah tekanan, adalah sebuah catatan penting yang jadi alasan Southgate memuji pasukannya. Sebab menurutnya, ada banyak strategi untuk memenangkan laga dan bisa dipilih. Tapi, proses untuk memenangkan laga takkan bisa ditentukan pelatih manapun.

Termasuk Zinedine Zidane, Ini 5 Pelatih Pengganti Erik Ten Hag di Manchester United

(Baca Juga: 7 Fakta Menarik Usai Inggris Depak Kolombia)

"Saya sangat senang dan berterima kasih untuk semua orang yang terlibat. Kami pantas menang dan kami bermain sangat baik di sebuah pertandingan besar, di bawah tekanan," kata Southgate dikutip BBC.

"(Gol Yerry Mina) memukul keras sebelum peluit akhir. Tapi, kami mempertahankan disiplin di bawah provokasi ekstrim dan kami mempertahankan bentuk permainan kami. Anda bisa memilih cara untuk menang, tapi Anda tidak bisa memilih prosesnya," ujarnya.

Meski lebih diunggulkan dalam laga babak perempat final kontra Swedia, Southgate tak sesumbar. Persiapan pendek hanya tiga hari dan catatan tak terlalu baik untuk Inggris saat berhadapan dengan Swedia, jadi hal yang perlu diperbaiki menurutnya.

"Sekarang kami akan maju ke pertandingan besar melawan Swedia. Dalam sebuah pertandingan kelas dunia kami berharap menang. Tetapi, ini adalah tiga hari persiapan yang sulit. Catatan kami saat melawan mereka adalah satu hal yang harus diperbaiki," ucap Southgate.

Duel Inggris kontra Swedia akan digelar di Cosmos Arena, Samara, Sabtu 7 Juli 2018 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya