Gulung UEA, Qatar Tantang Jepang di Final Piala Asia 2019

Para pemain Timnas Qatar merayakan gol Almouz Ali (kanan)
Sumber :
  • Instagram/@afcasiancup

VIVA – Qatar berhasil melaju ke final Piala Asia 2019 setelah menekuk Uni Emirat Arab (UEA) di babak semifinal dengan skor telak 4-0, Selasa malam WIB 29 Januari 2019. 

Timnas Qatar U-23 Menangis Usai Dihajar Jepang di Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Bermain di Mohammad Bin Zayed Stadium, Qatar memegang kendali permainan sejak menit awal. Serangan lebih dulu mereka lakukan, Saif Rashid melakukan sepakan keras dari luar kotak penalti di menit ke-2, tapi masih bisa diblok oleh pertahanan UEA. 

Di menit ke-12, Qatar membuat peluang emas lagi. Al Haidos memberikan umpan terukur dan Al Hajri melepaskan tembakan ke arah gawang. Namun, bola masih bisa diamankan oleh kiper UEA, Khalid Essa.

Klasemen Grup A Piala Asia U-23 dan Skenario Timnas Indonesia U-23 Tembus Perempat Final

Gol yang ditunggu akhirnya hadir di menit ke-22. Di awali dari kesalahan UEA, Saif Nasir dan bolanya dicuri oleh Akram Afif. Afif kemudian mengirim umpan dan berhasil dikonversi menjadi gol oleh defender, Boualem Khouki.

Tersengat oleh gol Qatar, UEA mencoba merespons. Menit 30, Amer Abdulrahman melepaskan umpan silang ke mulut gawang dan mampu ditanduk Ali Mabkhout. Sayang, bola sundulan striker UEA ini masih melebar.

Gol Menit 103, Qatar Lolos Perempat Final Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Yordania

Alih-alih mengejar ketinggalan, gawang UEA malah kebobolan lagi. Tepatnya di menit 37, Almoez Ali sukses mengoyak gawang UEA. Menerima umpan terukur Afif, sepakan placing Ali gagal dihalau Essa. Skor 2-0 untuk Qatar bertahan hingga turun minum. 

Memasuki babak kedua, UEA tampil lebih terbuka. Beberapa tekanan di lakukan di 15 menit jalannya babak pertama, namun tidak ada yang berbuah gol. 

Qatar memanfaatkan kelengahan UEA di 10 menit jelang laga berakhir, benar saja mereka makin membuat UEA menderita lewat gol Hassan Al Heidos di menit ke-80. 13 Menit berselang giliran Hamid Ismaeil yang mencetak gol setelah memanfaatkan umpan dari Karim Boudiaf. 

Tidak ada gol tambahan tercipta, skor 4-0 untuk Qatar bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. Atas hasil ini, Qatar berhak melaju ke final. Mereka akan menghadapi Jepang di laga puncak pada 1 Februari 2019. 

Susunan Pemain:

Qatar: Saad Al Sheeb (gk); Pedro Miguel, Boualem Khouki, Tarek Salman, Abdulkarim Hasan, Assim Madibo, Salem Al Hajri, Hassan Al Haidos, Karim Boudiaf, Akram Afif (Hamid Ismaeil 92'), Almoez Ali (Ahmed Alaa Eldin 86').

Uni Emirat Arab: Khalid Essa (gk); Bandar Al Ahbabi, Bandar Al Ahbabi, Ismail Ahmed, Fares Jumaa, Walid Abbas, Khamis Esmail, Amer Abdulrahman (Ismaeil Matar 46'), Ali Salmeen, Saif Nasir (Mohammed Abdulrahman 51'), Ismail Al Hamadi (Ahmed Khalil 51'), Ali Mabkhout.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya