7 Fakta Menarik Jelang Leg Kedua PSG Vs Dortmund

Borussia Dortmund rayakan gol ke gawang PSG
Sumber :
  • Twitter/@ChampionsLeague

VIVA – Leg II fase 16 besar Liga Champions akan menghadirkan duel tuan rumah Paris Saint-Germain (PSG) menjamu penantangnya, Borussia Dortmund. Laga tersebut bakal digelar di arena Parc des Princes, Kamis dini hari 12 Maret 2020 mulai pukul 03.00 WIB.

Mikel Arteta Menolak Panik, Yakin Arsenal Bakal Bangkit

Pertandingan ini pun tentunya akan jadi pertarungan yang sangat berat bagi kedua kubu. Guna memastikan tiket 8 besar, armada Les Perisiens serta Der BVB mengusung misi pentingnya masing-masing.

Baca juga: Kasihan Mourinho, Sudah Kalah Disindir Pula Meme Kocak

Liverpool Tersingkir dari Liga Europa Saat Bayer Leverkusen Melaju ke Semifinal

Jika PSG bisa lolos cukup dengan kemenangan tipis 1-0 saja, maka Dortmund pun akan mampu melaju hanya dengan menahan imbang tuan rumah tanpa gol.

Pertandingan Borussia Dortmund vs Paris Saint-Germain (PSG)

Man Utd Dapat Rejeki Nomplok Usai Dortmund Picu Klausul Jadon Sancho, Cuan Besar Menanti

Selain itu, kedua tim pun dalam kondisi siap tempur usai dalam tiga pertandingan terakhirnya mampu mengemas kemenangan di kompetisi domestik mereka masing-masing.

Dan jelang laga tersebut, rupanya ada sejumlah deretan fakta menarik yang bakal mengiringi perjalanan kedua kubu menuju kick off duel panas itu.

Simak catatan-catatan dan fakta menarik seputar laga bergengsi tersebut di bawah ini yang dilansir Opta:  

1. Dini hari nanti WIB, PSG tak akan diperkuat oleh sejumlah pilarnya seperti Thomas Meunier dan Marco Verratti yang terkena akumulasi kartu, sedangkan Kylian Mbappe diragukan bisa tampil usai tes virus corona. Namun Les Perisiens berpeluang untuk diperkuat kembali sang kapten, Thiago Silva.

2. Di kubu Dortmund, nama Marco Reus dan Thomas Delaney yang cedera dipastikan tak akan masuk jajaran penggawa di laga tersebut. Namun bomber Erling Haaland tengah dalam kondisi siap tempur.

3. Dari rekor pertemuan, hingga kini PSG masih belum bisa mengalahkan Borussia Dortmund di pentas Eropa dengan 2 kali imbang dan sekali kalah. Terakhir kali PSG menjamu Dortmund yakni pada November 2010, berakhir dengan skor imbang 0-0 di Liga Europa.

Pertemuan sebelumnya kedua tim di Parc des Princes yakni pada November 2010, berakhir dengan tanpa gol di fase grup Liga Europa.

4. Sebelum laga ini, Dortmund pernah 3 kali menang dan 3 kali kalah menghadapi tim-tim asal Lique 1 lainnya di Prancis. Catatan tersebut dikemas Der BVB saat menantang AJ Auxerre, Olympique Marseille dan AS Monaco.

5. Laju PSG selalu kandas ketika kalah lebih dulu di leg pertama fase gugur Liga Champions. PSG belum pernah bisa comeback dan lolos ke babak berikutnya.

Ada 3 kali pengalaman tersebut yakni pada musim 1994/95 kontra AC Milan, dari Barcelona pada 2014/15 dan Real Madrid musim 2017/18.

4. Berbanding terbalik dari PSG, Dortmund justru selalu lolos ke babak berikutnya jika sudah memenagkan leg pertama. Dortmund tak pernah gagal lolos ke babak berikutnya bila sudah menang di leg pertama.

Dan 4 kali sudah Dortmund selalu lolos usai menang leg pertama, mencatatkan 100 persen tingkat keberhasilan.

5. PSG tercatat kalah dalam 5 laga dari 6 kali fase gugur terakhir di Liga Champions, cuma berhasil menang sekali, bahkan dua kali kalah di kandang sendiri.

Dua kekalahan di Parc des Princes tersebut terjadi saat menjamu Real Madrid pada Maret 2018 lalu, lalu meladeni Manchester United setahun kemudian.

Baca juga:

Kasihan Mourinho, Sudah Kalah Disindir Pula Meme Kocak

UEFA Tak Ambil Pusing Desakan Penundaan Piala Eropa 2020

Keluyuran Malam Saat SEA Games, 9 Pemain Timnas Singapura Kena Denda

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya