Tebas Luksemburg, Portugal Klaim Tiket ke Piala Eropa 2020

Para pemain Timnas Portugal merayakan gol
Sumber :
  • Instagram/@portugal

VIVA – Juara bertahan, Portugal, memastikan diri lolos ke putaran final Piala Eropa 2020. Armada Selecao das Quinas berhasil meraih poin penuh saat jumpa Luksemburg dalam laga pamungkas Grup J kualifikasi Piala Eropa 2020. Melawat ke Stade Josy Barthel, Portugal menang 2-0 atas tuan rumah, Minggu 17 November 2019 WIB.

Rasmus Hojlund Lebih Pilih Legenda MU Dibanding Cristiano Ronaldo, Kenapa?

Portugal memang wajib meraih poin penuh untuk bisa lolos langsung ke putaran final turnamen kasta teratas Benua Biru. Oleh sebab itu, Fernando Santos menginstruksikan anak asuhnya bermain menyerang sejak menit awal.

Meski demikian, bukan perkara mudah bagi Cristiano Ronaldo cs untuk membobol gawang Luksemburg. Performa solid ditunjukkan anak asuh Luc Holtz, terutama di sektor tengah dan pertahanan.

Terpopuler: Shin Tae-yong Dipanggil Haji Lulung, Suporter Liverpool Protes

Buktinya, Portugal baru bisa memecah kebuntuannya pada menit 39, lewat aksi Bruno Fernandes. Bintang Sporting Lisbon ini mampu memaksimalkan umpan terukur yang dilepas Bernardo Silva. Sepakan mendatar Fernandes ke tiang dekat gagal dibendung kiper Luksemburg, Anthony Moris.
 
Menit 50, Portugal nyaris menggandakan keunggulan lewat tandukan defender veteran, Jose Fonte. Memanfaatkan umpan sepak pojok Pizzi, mantan bek Southampton ini mampu melepas sundulan ke arah gawang. Sayang, bola sundulan Fonte masih mendarat tipis di sisi gawang.

Peluang emas Porugal kembali lahir pada menit 80. Ronaldo jadi eksekutor tendangan bebas dari jarak ideal usai Fernandes dijatuhkan. Akan tetapi, megabintang Juventus ini gagal bersarang di gawang lantaran bola meluncur tipis di sisi gawang.

Cristiano Ronaldo Ucapkan Selamat Idul Fitri Kepada Umat Islam di Dunia

Ronaldo akhirnya berhasil mencetak gol pada menit 86, setelah memanfaatkan kesalahan Morris. Berawal dari crossing Andre Silva yang diteruskan Diogo Jota. Moris sempat mencoba memotong bola namun gagal. Ronaldo yang datang dari belakang langsung menghujamkan bola ke gawang.

Gol Ronaldo ini memastikankemenangan Portugal atas Luksemburg dengan skor akhir 2-0. Poin sempurna yang dipetik dalam laga ini membuat Portugal finis di posisi runner-up Grup B kualifikasi Piala Eropa 2020, dengan catatan 17 poin. Sementara Luksemburg, mengakhiri fase kualifikasi di posisi keempat dengan raihan hanya empat poin.

Susunan Pemain:

Luksemburg: Anthony Moris (gk); Laurent Jans, Maxime Chanot, Lars Krogh Gerson, Dirk Carlson, Vincent Thill (Aurelien Joachim'82), Leandro Barreiro (Danel Sinani'74), Aldin Skenderovic, David Turpel (Olivier Thill'59), Gerson Rodrigues, Maurice Devilla.

Portugal: Rui Paticio (gk); Ricardo Pereira, Jose Fonte, Ruben Dias, Raphael Guerreiro Bruno Fernandes (Ruben Neves'90), Danilo Pereira, Pizzi (Joao Moutinho'62), Bernardo Silva, Cristiano Ronaldo, Andre Silva (Diogo Jota'71).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya