Nada Indah Koeman Buat 2 Debutan Tokcer Timnas Belanda

Dua debutan Timnas Belanda, Calvin Stengs (kiri) dan Myron Boadu (kanan)
Sumber :
  • Uefa.com

VIVA – Dua pemain muda, Calvin Stengs dan Myron Boadu, melakoni debut bersama Timnas Belanda. Membela Tim Oranye untuk pertama kalinya dalam laga kontra Estonia, kedunya tampil impresif dan memberikan kontrbusi positif bagi kemenangan Belanda.

5 Potret Rafael Struick Pemain Timnas Indonesia Keturunan Belanda Idola Para Wanita

Ronald Koeman mengambil keputusan yang tepat saat menurunkan kedua bintang AZ Alkmaar. Hasilnya, Belanda sukses membantai Estonia 5-0 di Johan Cruijff Arena, dalam matchday 8 Grup C kualifikasi Piala Dunia 2020, Rabu 20 November 2019 WIB. 

Belanda sebelumnya sudah memastikan diri lolos langsung ke putaran final turnamen antar negara Benua Biru. Oleh sebab itu, Koeman berani menurunkan Stengs dan Boadu bahkan sejak menit awal. Hasilnya, Stengs mampu membuat dua assist, sementara Boadu mencetak satu dari lima gol kemenangan Belanda.

Sosok Kenan Pownall, Winger Klub Belanda Berdarah Indonesia: Sepupu Nathan Tjoe-A-On

Performa apik yang ditunjukkan Stengs dan Boadu membuat Koeman puas. Meski baru pertama kali tampil, Stengs dan Boadu dinilai Koeman tak canggung. Akan tetapi, Koeman tetap berpesan agar keduanya terus menempa diri untuk meningkatkan kualitas yang dimiliki.

"Kami punya talenta hebat dan pemain muda yang baik. Kami harus memberi mereka kesempatan untuk bermain. Negara kami selalu menghasilkan pemain muda yang baik. Mereka melakukannya dengan baik. Saya tak melihat kegelisahan dari dua pemain muda (debutan)," ucap Koeman dikutip Uefa.com.

Sosok 'Jenderal Pembangkang' pada Masa Rezim Soeharto, Kini Raih Pangkat Bintang 5

"Bagi mereka, ini adalah malam debut dan mereka akan selalu mengingatnya seumur hidup. Mereka perlu tampil dengan para pemain lainnya karena level-nya sangat tinggi. Mereka punya masa depan yang hebat," katanya.

Pelatih Timnas Belanda, Ronald Koeman

Stengs yang membuat dua assist lahirnya dua gol Georginio Wijanldum menit 66 dan 78, merasakan perbedaan yang sangat signifikan saat menjalani debutnya. Bagi winger 20 tahun, intensitas bermain bersama Belanda jauh lebih tinggi daripada saat membela AZ.

"Tentunya, (pertandingan) itu lebih sulit daripada (bermain bersama) AZ. Intensitasnya sangat tinggi, pertandingan berjalan lebih cepat. Tetapi, saya senang untuk membantu tim dengan dua assist," ujar Stengs.

Rasa senang juga terlihat dalam wajah Boadu. Striker berusia 18 tahun ini langsung mencetak gol pertamanya buat Timnas Belanda senior dalam laga debutnya. Gol yang dibuat Boadu jelag pertandingan usai, jadi gol kelima Belanda dalam laga ini.

Boadu senang bisa mencetak gol buat timnya. Akan tetapi, ia benar-benar sadar diri dan tidak jumawa akan masuk dalam skuat utama Belanda di Piala Eropa 2020. Bagi Boadu, ia hanya berusaha untuk tampil lepas dan menunjukkan kualitas yang dimilikinya.

"Saya senang dengan cara saya bermain. Tetapi, saya selalu melihat hal yang bisa saya tingkatkan. Saya tidak bisa memastikan bahwa saya akan masuk skuat di putaran final Piala Eropa (2020). Saya hanya menunjukkan apa yang saya bisa lakukan untuk klub, dan tentu saat saya mendapat kesempatan seperti yang saya lakukan malam ini," kata Boadu.

Hasil positif yang dipetik dalam laga kontra Estonia, mengantar Belanda duduk di posisi kedua klasemen akhir Grup C kualifikasi Piala Eropa 2020 dengan catatan 19 poin. Virgil van Dijk cs berhasil memetik enam kemenangan, satu hasil imbang, dan hanya menelan sekali kekalahan dalam delapan laga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya