Absennya Haaland di Piala Eropa 2020 Jadi Sorotan

Bomber Norwegia, Erling Haaland.
Sumber :
  • instagram.com/erling.haaland

VIVA –  Lengkap sudah 24 peserta Piala Eropa 2020. Negara-negara kuat Eropa bakal saling sikut dalam turnamen yang berlangsung di 12 negara dan 12 kota pada 11 Juni hingga 11 Juli 2021.

Beda dengan Haaland, Robert Lewandowski Masih Bisa Tampil di EURO 2024

Namun, tak semua bintang bakal unjuk gigi di Piala Eropa yang harus tertunda setahun karena pandemi COVID-19 ini. Bomber haus gol, Erling Braut Haaland harus puas menjadi penonton tahun depan. Timnas Norwegia gagal menjadi salah satu peserta Piala Eropa.

Haaland menjadi fenomena sepakbola dalam dua musim terakhir. Di usianya yang baru menginjak 20 tahun, dia sukses mencetak banyak gol bersama Red Bull Salzburg dan Borussia Dortmund.

Ganas di Manchester City, Erling Haaland Gagal Bawa Negaranya ke EURO 2024

Di musim 2020/21 ini, Haaland kembali menggila. Dia sukses mencetak 11 gol dari 11 laga bersama Dortmund di semua kompetisi.

Pelatih Timnas Spanyol Buka Suara terkait Cedera Parah Gavi

Absennya Haaland pun menjadi sorotan sejumlah warganet di Instagram VIVAbola. "Yah Norwegia gak ada, Halland gak Halan Halan dong," kata pemilik akun @si_komarudin.

"Mantap norweg ga lwt biar halan latihan aja di rumah," ungkap @yalsudahlah.

Sebenarnya, absennya Haaland masih bisa dimaklumi. Dia baru melakoni debut di Timnas Norwegia senior pada 28 Agustus 2019. 

Baca juga: Erling Haaland Menggila, Jadi Raja Gol Sementara UEFA Nations League

Sebelumnya, Haaland tampil menggila bersama Norwegia U-20 di Piala Dunia U-20 2019 yang berlangsung di Polandia. Dia sukses mencetak 9 gol saat Norwegia melumat Honduras 12-0 di babak penyisihan grup.

Haaland mencetak rekor sebagai pemain yang paling banyak mencetak gol dalam satu laga Piala Dunia U-20, sekaligus menjadi kemenangan terbesar sepanjang sejarah turnamen. Meski Haaland tak mencetak gol di pertandingan lain dan Norwegia gagal lolos dari penyisihan grup, dia sukses menyabet Sepatu Emas.

Nasib Norwegia di Kualifikasi Piala Eropa
Di Kualifikasi Piala Eropa 2020, Norwegia tergabung di Grup F. Mereka bersaing dengan Spanyol, Swedia, Rumania, Kepulauan Faroe, dan Malta.

Norwegia hanya mampu finis di posisi ketiga dengan 17 poin, hasil empat kemenangan, lima imbang dan sekali kalah. Dua tim yang lolos otomatis ke Piala Eropa dari grup ini adalah Spanyol dan Swedia.

Haaland baru melakoni debut dalam matchday kelima kontra Malta, 5 September 2019. Sayangnya, dia gagal mencetak satu pun gol di babak kualifikasi.

Norwegia masih memiliki kesempatan kedua lolos lewat playoff, berdasarkan performa di UEFA Nations League 2018/19. Mereka menjamu Serbia di semifinal playoff, 8 Oktober 2020.

Sayangnya, Norwegia gagal memanfaatkan kesempatan tampil di kandang sendiri di Ullevaal Stadium, Oslo. Mereka kalah 1-2 dari Serbia, dan gagal melenggang ke Piala Eropa 2020.

Namun, jangan khawatir masa depan Haaland masih panjang. Saat ini saja dia masih tercatat sebagai top scorer sementara UEFA Nations League 2020/21 dengan catatan enam gol.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya