Pengakuan Pilu Pelatih Timnas Prancis Usai Tersingkir dari EURO 2020

Pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps
Sumber :
  • UEFA.com

VIVA – Timnas Prancis secara mengejutkan tersingkir EURO 2020.  mereka tersingkir dari turnamen paling bergengsi di benua biru itu dengan cara yang paling kejam,yaitu melalui adu penalti.

Timnas Indonesia U-23 Terhindar dari Israel di Olimpiade 2024, Bisa Ketemu Argentina

Duel memang berlangsung sengit saat Prancis dikalahkan Timnas Swiss di babak 16 besar. Prancis yang sempat unggul 3-1, mampu diimbangi oleh Swiss menjadi 3-3. Alhasil, laga pun dilanjutkan ke babak ekstra time dan adu penalti

Dan seperti halnya adu penalti, ada pahlawan dan pecundang. Kali ini, Kylian Mbappe yang berperan sebagai pecundang. Sebagai eksekutor kelima, Mbappe gagal menciptakan gol kala melakukan eksekusi penalti. Prancis pun kalah 4-5 (3-3).

Target Tinggi Thierry Henry Bersama Timnas Prancis di Olimpiade 2024

Kekalahan itu menyisakan kesedihan tersendiri bagi juru taktik Timnas Prancis, Didier Deschamps enggan menyalahkan Mbappe atas tragedi itu.

“Ini benar-benar menyakitkan, ada banyak kesedihan. Ada banyak hal yang kami lakukan dengan sangat baik di pertandingan ini, tetapi tidak semuanya dan jika kami terlalu memikirkan pertandingan ini, itu tidak akan banyak membantu," ujar Deschamps dikutip dari Goal, Kamis 1 Juli 2021.

Timnas Indonesia Kebanyakan Naturalisasi? Italia Juga Juara EURO 2020 Berkat Naturalisasi

"Tidak ada yang berbicara tentang Anda membuat kesalahan ini atau Anda membuat kesalahan itu. Kylian tahu tanggung jawabnya. Tentu saja Kylian, bahkan jika dia tidak mencetak gol, dia menentukan dalam banyak tindakan yang kami miliki, kemudian dia mengambil tanggung jawab untuk mengambil penalti ini dan tidak ada yang benar-benar marah padanya," tegasnya.

Deschamps pun membuat pengakuan. Menurutnya EURO 2020 benar-benar sulit. Tapi hasil buruk harus diterima.

"Euro ini benar-benar sulit, itu bukan alasan. Ada juara EURO dan Piala Dunia  yang harus pulang, itu menyakitkan tetapi kami harus menerimanya," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya