Toko 2 Gol, Timnas Kamerun Hentikan Kejutan Tim Debutan Gambia

Pemain Timnas Kamerun, Karl Toko Ekambi rayakan gol.
Sumber :
  • instagram.com/caf_online

VIVA –  Kejutan Timnas Gambia di Piala Afrika 2021 akhirnya harus terhenti. Tim debutan ini harus mengakui keunggulan Timnas Kamerun 0-2 dalam babak perempatfinal di Stade Omnisport de Douala, Sabtu 29 Januari 2022.

Indonesia U-23 Vs Guinea U-23 di Play-off Olimpiade 2024, Jangan Anggap Enteng

Gambia sebenarnya sempat membuat Kamerun frustrasi. Kamerun yang mendominasi permainan dan memiliki sejumlah peluang mampu ditahan tanpa gol di babak pertama.

Serapat-rapatnya pertahanan Gambia, akhirnya harus bobol juga. Sang tuan rumah akhirnya memecah kebuntuan di menit 50.

Juara Piala Afrika, Kisah Pantai Gading Mirip Timnas Portugal di EURO 2016

Berawal dari sepak pojok yang diambil Collin Fai, bola meluncur ke arah Karl Toko Ekambi. Bomber Olympique Lyon ini sukses menceploskan bola lewat sundulan.

Kamerun menggandakan kedudukan di menit 57, lagi-lagi Toko yang mencetak gol. Kali ini, dia sukses memanfaatkan sodoran dari Martin Hongla.

Bekap Nigeria, Timnas Pantai Gading Juara Piala Afrika 2023

Ini menjadi gol kelima Toko di Piala Afrika 2021. Pemain 29 tahun ini hanya kalah satu gol dari rekan setimnya Vincent Aboubakar di jajaran top scorer.

Skor 2-0 untuk kemenangan Kamerun bertahan hingga laga usai. The Indomitable Lions menjadi tim pertama yang lolos ke semifinal Piala Afrika 2021. Mereka tinggal menunggu pemenang duel Mesir vs Maroko.

Meski tersingkir, prestasi Gambia tergolong sensasional. Selain sebagai debutan, mereka hanya duduk di peringkat 150 FIFA atau yang terendah di Piala Afrika 2021. Gambia hanya berada 14 tingkat di atas Timnas Indonesia. Ini jauh di bawah Kamerun di peringkat ke-50.

Susunan Pemain

Gambia: Baboucarr Gaye, Noah Sundberg (Assan Ceesay 85'), James Gomez, Omar Colley, Pa Modou Jagne (Modou Barrow 56'), Saidy Janko (Ebrima Darboe 56'), Yusupha Bobb, Sulayman Marreh (Bubacarr Jobe 83'), Ibou Touray, Muhammed Badammosi (Ebrima Colley 56'), Musa Barrow.

Kamerun: Andre Onana, Nouhou Tolo, Michael Ngadeu-Ngadju, Jean-Charles Castelletto, Nicolas Ngamaleu (Christian Bassogog 87'), Samuel Gouet, Andre-Frank Zambo Anguissa (Yvan Neyou Noupa 87'), Martin Hongla (Pierre Kunde 81'), Collins Fai (Olivier Mbaizo 84'), Vincent Aboubakar, Karl Toko Ekambi (Clinton N'Jie 81')

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya