5 Tahun Terbaik Sepanjang Karier Cristiano Ronaldo di Timnas Portugal

Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo
Sumber :
  • Instagram/@portugal

VIVA – Cristiano Ronaldo telah menulis namanya dalam buku sejarah sepak bola selamanya. Pencetak gol terbanyak sepanjang masa dalam sepak bola profesional telah ini akan menjadi tugas yang sulit bagi pesepakbola masa depan untuk memecahkan rekor 803 gol Ronaldo. Sebelum kedatangan CR7, Eusebio dan Luis Figo adalah dua pemain Portugal yang paling terkenal. Ronaldo sempat mengklaim gelar Eusebio sebagai pemain Portugal terbaik pada pertengahan 2010-an. Dia bisa dibilang pemain Eropa terbaik yang pernah ada.

Rasmus Hojlund Lebih Pilih Legenda MU Dibanding Cristiano Ronaldo, Kenapa?

Cristiano Ronaldo tidak selalu memiliki rekan setim terbaik di level internasional. Pemain sayap yang beralih menjadi striker baru berusia 19 tahun ketika “A Selecao” kalah dari Yunani di Euro 2004. Striker Manchester United ini adalah pencetak gol internasional terkemuka dengan 115 gol untuk Timnas Portugal. Berikut adalah lima tahun terbaik Cristiano Ronaldo bersama Portugal yang disadu dari laman Sportskeeda.

5. Tahun 2013

Terpopuler: Shin Tae-yong Dipanggil Haji Lulung, Suporter Liverpool Protes

Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo.

Photo :
  • twitter.com/EURO2020

Cristiano Ronaldo menikmati tahun yang sangat produktif bersama Portugal pada 2013. Pemain sayap Real Madrid saat itu mencetak sepuluh gol dalam sembilan penampilan. Dia mencetak dua hat-trick tahun itu, masing-masing satu melawan Swedia dan Irlandia Utara.

Cristiano Ronaldo Ucapkan Selamat Idul Fitri Kepada Umat Islam di Dunia

Kapten Portugal itu dalam performa terbaiknya selama kualifikasi Piala Dunia FIFA 2014. Portugal tetap tak terkalahkan di semua pertandingan di mana Ronaldo bermain selama 90 menit. Faktanya, mereka hanya kalah satu pertandingan dengan Ronaldo di skuad.

Meskipun Real Madrid belum memulai kemenangan Liga Champions pada tahun 2013, Ronaldo sudah menjadi salah satu pemain terbaik di dunia. Ini terjadi saat pemain Portugal bernomor punggung 7 itu memberikan kontribusi 50 gol untuk timnas senior.

4. Tahun 2017

Cristiano Ronaldo jelang pertandingan Portugal melawan Luksemburg

Photo :
  • twitter.com/selecaoportugal

Tidak seperti tahun 2013, Cristiano Ronaldo menjelma menjadi penyerang tengah di tahun 2017. Ini hanya memperbanyak jumlah pencetak golnya. Mantan superstar Real Madrid itu mencetak 11 gol dalam banyak pertandingan untuk Portugal di tahun yang ternyata menjadi tahun yang pahit.

Titik terendah tahun ini adalah tersingkirnya Portugal di semifinal di Piala Konfederasi 2017. Mereka tersingkir setelah kalah dari Chili melalui adu penalti. Masterclass Claudio Bravo memastikan bahwa pengambil tendangan penalti utama Portugal, Ronaldo, bahkan tidak akan mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan kecakapan penaltinya.

Juara bertahan Euro 2016 harus puas finis di peringkat ketiga Piala Konfederasi 2017. Secara keseluruhan, ini adalah tahun yang solid bagi Ronaldo. Dia akhirnya mencetak 11 gol dan membuat empat assist dalam setahun yang memuncak dalam penghargaan Ballon d'Or ke-5-nya.

3. Tahun 2021

Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo.

Photo :
  • instagram.com/cristiano

Cristiano Ronaldo memulai 2021 sebagai bagian dari juara bertahan Euro. Pada bulan Juni, ia memimpin Portugal ke "Grup Kematian" Euro 2020. Kegagalan Portugal di turnamen empat tahunan itu merugikan penampilan Ronaldo.

Pemain berusia 36 tahun itu benar-benar menakjubkan selama pertandingan penyisihan grup. Dia mencetak lima gol dalam tiga pertandingan. Striker tinggi 6'1" itu menyumbangkan satu gol dan satu assist saat melawan Jerman sebelum mencetak dua gol melawan Prancis. Belgia menyingkirkan Portugal di babak 16 besar.

Segera setelah Euro 2020, Ronaldo mencetak dua gol ke gawang Irlandia. Upaya itu membuatnya menyalip Ali Daei untuk menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa di sepak bola internasional. Ronaldo mencetak 13 gol tahun lalu, yang membuat penghitungan keseluruhannya mencapai 115 gol.

2. Tahun 2016

Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo

Photo :
  • Instagram/@portugal

Tahun 2016 harus turun sebagai salah satu tahun terbaik dalam sejarah tim nasional Portugal. Untuk negara yang belum pernah memenangkan Piala Dunia FIFA, memenangkan Kejuaraan Eropa pertama mereka sangat besar. Tak perlu dikatakan, Ronaldo berada di jantungnya.

Pahlawan Portugal itu mencetak dan membantu masing-masing tiga gol selama Euro 2016. Dia mengalami cedera yang tidak menguntungkan di final tetapi memberikan motivasi bagi tim di luar garis lapangan. Eder mencetak gol perpanjangan waktu untuk membantu Portugal mengalahkan Prancis.

Dalam kualifikasi Piala Dunia FIFA 2018 akhir tahun itu, Ronaldo mencetak tujuh gol hanya dalam tiga penampilan. Ini termasuk tangkapan empat gol melawan Andorra. Secara keseluruhan, penyerang Manchester United itu membuat 16 kontribusi gol (13 gol, tiga assist) pada 2016.

1. Tahun 2019

Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo.

Photo :

Cristiano Ronaldo memimpin Portugal dari depan dalam edisi perdana Nations League. Mantan penyerang Juventus itu mencetak hat-trick ke gawang Swiss di semifinal. Portugal memenangkan final melawan Belanda beberapa hari kemudian, berkat gol Goncalo Guedes.

Ini adalah trofi utama kedua Portugal. Keduanya datang selama era Cristiano Ronaldo, semakin meningkatkan legendanya. Ronaldo mencetak 14 gol hanya dalam sepuluh gol pada 2019. Angka-angka itu belum pernah terjadi sebelumnya, terutama mengingat tidak satu pun dari pertandingan itu yang merupakan pertandingan persahabatan internasional.

Dalam enam kualifikasi Eropa selama paruh kedua 2019, pencetak gol serial itu berada di puncak permainannya. Dia mencetak 11 gol dalam enam pertandingan itu, termasuk empat gol melawan Lithuania dan hat-trick melawan Lithuania. Banyaknya gol di tahun 2019 sudah cukup untuk menempatkannya di peringkat satu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya