Profil Timnas Kanada: Kembali Lolos ke Piala Dunia setelah 36 Tahun Terlelap

Pemain Timnas Kanada rayakan keberhasilan lolos ke Piala Dunia 2022.
Sumber :
  • Nathan Denette/The Canadian Press via AP

VIVA Bola – Penampilan Timnas Kanada di Piala Dunia 2022 sangat ditunggu oleh penikmat sepak bola. Pasalnya tim berjuluk The Canucks Les Rouges itu berhasil membuat gebrakan setelah terakhir kali mereka tampil di Piala dunia 1986 Meksiko atau tepatnya 36 tahun lalu.

One Step Away, Indonesia Can Qualify for the Paris Olympics

Dilansir dari beberapa sumber, pada gelaran Piala dunia 1986 silam, perjuangan Timnas Kanada harus terhenti setelah mereka dikalahkan oleh Prancis (0-1), Hungaria (0-2) dan Uni Soviet (0-2) di penyisihan grup.

Pemain Timnas Kanada

Photo :
  • instagram.com/canadasoccer
Kubur Rekor Korsel ke Olimpiade, STY Minta Maaf: Mimpi Saya Bawa Indonesia ke Piala Dunia

Lain cerita, Kanada yang dulu bukanlah Kanada yang sekarang, kini dengan penampilan mereka yang solid di atas lapangan, The Canucks Les Rouges kembali unjuk gigi di Piala Dunia 2022 Qatar. Pasukan John Herdman tergabung di Grup F bersama Maroko, Kroasia dan Belgia.

Selain itu, kini kedalaman skuad Timnas Kanada juga cukup mumpuni, hal itu dibuktikan dengan penampilan luar biasa mereka di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONCACAF (Amerika Utara, Tengah, dan Karibia) Kanada keluar sebagai juara grup.

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

Pemain Bintang Kanada

Berbicara soal Timnas Kanada tidak lengkap jika tidak menyenggol soal performa Alphonso Davies, pemain Bayern Munich itu dapat dikatakan sebagai motor serangan The Canucks Les Rouges dalam kualifikasi Piala Dunia 2022.

Bintang muda Bayern Munich, Alphonso Davies.

Photo :
  • Dream Team

Bagaimana tidak, meski menempati posisi sebagai bek sayap, Alphonso Davies selalu terlibat dalam setiap proses gol. Hal ini berkat dirinya yang memiliki modal kekuatan fisik dan kecepatan yang luar biasa.

Selain sosok Davies, nama Jonathan David juga menjadi sosok kunci Timnas Kanada. Tercatat pemain Lille itu kini telah mencetak 20 gol dari 30 penampilannya bersama Timnas Kanada.

Perjalanan ke Piala dunia 2022 Qatar

Sempat diragukan di awal kualifikasi, Timnas Kanada berhasil membuktikan jika mereka layak masuk ke Piala Dunia 2022. Pada babak pertama kualifikasi zona CONCACAF Kanada yang segrup dengan Suriname, Bermuda, Aruba, dan Kepulauan Cayman, mencatatkan kemenangan sempurna. Mereka menang di 4 laga.

Timnas Kanada tercatat sukses meraih 28 poin dari 14 laga yang dijalani di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona CONCACAF. Dari 14 laga itu, mereka menang 8 kali, kalah 2 kali, dan imbang 4 kali.

Analisis Grup F Piala Dunia 2022

Jika dilihat dari daftar penghuni grup F, nampaknya Kanada akan sedikit kesulitan untuk lolos ke 16 besar, sebab mereka harus berhadapan dengan tim langganan Piala Dunia yakni Kroasia dan Belgia.

Namun jika penampilan mereka dapat konsisten seperti saat kualifikasi, mungkin hambatan tersebut dapat dilalui dengan mudah, Kanada akan melakoni laga perdananya di Grup F kontra Belgia. Setelahnya mereka akan berturut-turut berhadapan dengan Kroasia dan Maroko.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya