Tak Ada Salaman Usai Laga, Pelatih Timnas Kanada Diminta Belajar

Pelatih Timnas Kanada, John Herdman
Sumber :
  • Nathan Denette/The Canadian Press via AP

VIVA Bola – Pelatih Timnas Kanada, John Herdman kembali memunculkan kontroversi. Dia memilih untuk tidak berjabat tangan dengan pelatih Timnas Kroasia, Zlatko Dalic usai laga Grup F Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, semalam.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Pertandingan tersebut dimenangkan Kroasia dengan skor 4-1. Meski sempat tertinggal lebih dulu karena gol cepat dari Kanada, namun Luka Modric dan kawan-kawan bisa bangkit.

Sejak sebelum pertandingan, kubu Kroasia sudah mendapat serangan psikologis dari Kanada. Herdman menggunakan kata kasar yang menyebut siap untuk menghancurkan Kroasia.

Legenda Timnas Indonesia dari Piala Dunia hingga Juara SEA Games Rayakan HUT PSSI

Pelatih Timnas Kroasia, Zlatko Dalic

Photo :
  • AP Photo/Themba Hadebe

Dalic menanggapi itu dengan meminta rasa hormat dari Herdman. Begitu juga pemain Kroasia, Ivan Perisic, yang terpicu ingin cepat-cepat menghadapi Kanada.

Geser Lionel Messi, Pemain Timnas Indonesia Ini Masuk Daftar Top Skor Kualifikasi Piala Dunia

Usai laga, Dalic mengaku tidak melihat keberadaan Herdman. Sebagai pelatih, dia selalu ingin bersalaman, baik ketika kalah atau pun menang.

Hilangnya Herdman ini kemudian memicu dugaan memang sengaja tak mau jabat tangan. Dalic berharap koleganya itu mau belajar lagi.

Pemain Timnas Kanada terduduk lesu usai dipastikan tersingkir dari Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Themba Hadebe

"Saya tidak pernah memandang berbeda pelatih. Apakah saya kalah atau menang, saya selalu mengucapkan selamat kepada pelatih," kata Dalic, dikutip dari RTE.

"Dia tidak ada di sana. Dia jelas gila. Dia adalah pelatih yang baik, dan profesional berkualitas, tapi butuh waktu baginya untuk mempelajari beberapa hal," imbuhnya.

Kanada Tersingkir dari Piala Dunia 2022

Kekalahan dari Kroasia ini memastikan Kanada tersingkir dari Piala Dunia 2022. Mereka belum mendapat satu poin pun dari dua pertandingan yang telah dilalui.

Sebelumnya Kanada dikalahkan oleh Belgia dengan skor 0-1. Secara permainan, Herdman menganggap anak asuhnya sudah tampil maksimal.

Melihat cara bermain ketika itu yang membuat Herdman percaya diri Kanada bisa mengalahkan Kroasia. Apalagi setelah menyaksikan laga melawan Maroko yang imbang tanpa gol.

Ucapan dari Herdman itulah yang kemudian memantik emosi dari publik Kroasia. Sebagai runner up Piala Dunia 2018, mereka merasa layak dihormati.

Sementara Kanada baru kembali ke Piala Dunia lagi setelah terakhir kali tampil pada 1986. Pernyataan Herdman dianggap tidak seharusnya diutarakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya