Roberto Martinez Mundur, Ini 4 Fakta Menarik Duel Timnas Kroasia vs Timnas Belgia

Striker Timnas Belgia, Romelu Lukaku saat melawan Kroasia
Sumber :
  • AP Photo/Ricardo Mazalan

VIVA Bola - Timnas Belgia gagal lolos ke babak 16 besar Piala Dunia setelah bermain imbang tanpa gol atas Timnas Kroasia di Stadion Ahmad bin Ali pada Kamis malam kemarin, 1 Desember 2022.

11 Fakta Stadion Abdullah bin Khalifa, Tempat Semifinal Piala Asia U-23 2024 Indonesia vs Uzbekistan

Dalam laga tersebut, Timnas Belgia bermain cukup gemilang terlihat beberapa peluang tercipta, meskipun di menit ke 15 hampir kecolongan gol lewat penalti, namun setelah wasit melihat VAR lalu membatalkan penalti yang diberikan kepada Timnas Kroasia. Akan tetapi hingga paruh kedua berakhir, kedua tim belum mampu mencetak gol.

Berikut beberapa fakta menarik duel Timnas Kroasia vs Timnas Belgia, sebagai berikut

Kubur Rekor Korsel ke Olimpiade, STY Minta Maaf: Mimpi Saya Bawa Indonesia ke Piala Dunia

Yuuk Scroll ke Bawah!!

1. Timnas Kroasia Lolos

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Timnas Kroasia merayakan gol di Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Aijaz Rahi

Timnas Kroasia berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Dunia setelah mengumpulkan lima poin hasil satu kali kemenangan dan dua kali hasil imbang. Di babak 16 besar Luka Modric akan menghadapi sang juara Grup E yaitu Timnas Jepang. Pada Piala Dunia kali ini, Timnas Kroasia mampu mengejutkan tim-tim unggulan. Setelah di Piala Dunia sebelumnya mampu menembus babak Final.

2. Timnas Belgia Angkat Kaki di Piala Dunia

Timnas Belgia

Photo :
  • AP

Ini merupakan kelima kalinya Timnas Belgia gagal lolos ke babak 16 besar Piala Dunia dari 12 kali keikutsertaannya. Tampaknya generasi emas Timnas Belgia sudah pudar. Pasalnya, Pada Piala Dunia 2018 di Brasil, Kevin De Bruyne dan kawan-kawan mampu menembus peringkat ketika dengan sejumlah pemain-pemain luar biasa. Namun pada Piala Dunia Kali ini, Timnas Belgia tak mampu berbuat banyak dan hanya mampu finis di peringkat ketiga dengan empat poin.

3. Timnas Kroasia Gagal Dapat Hadiah Penalti

Wasit batal memberi hadiah penalti dalam duel Belgia vs Kroasia

Photo :
  • AP Photo/Ebrahim Noroozi

Laga Kroasia vs Belgia sempat diwarnai kontroversi, berawal dari keputusan wasit Anthony Taylor yang memberikan hadiah penalti bagi Timnas Kroasia pada menit ke 15. Pasalnya pemain Timnas Belgia Yannick Carrasco diduga melakukan pelanggaran terhadap Andrej Kramaric.

Namun setelah wasit melihat VAR lalu membatalkan penalti tersebut, membuat para pemain Timnas Kroasia melakukan protes. Padahal Luka Modric sudah menyimpan bola di titik putih serta berhadapan dengan kiper Timnas Belgia yaitu Thibaut Courtois.

4. Roberto Martinez Mundur dari Pelatih Timnas Belgia

Pelatih Timnas Belgia, Roberto Martinez

Photo :
  • AP Photo/Luca Bruno

Setelah gagal membawa Timnas Belgia lolos ke babak 16 Piala Dunia 2022, pelatih Roberto Martinez resmi memundurkan diri. Hal itu ia sampaikan setelah laga Timnas Belgia ditahan imbang tanpa gol Timnas Kroasia.

"Itu adalah pertandingan terakhir saya dengan Timnas Belgia, saya tidak bisa melanjutkannya. Sudah waktunya bagi saya untuk mengatakan ini pertandingan terakhir," kata Roberto Martinez dilansir berita Viva sebelumnya, Jumat 2 Desember 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya