Bola Perayaan 30 Tahun J League Sudah Dipamerkan

Bola 30 tahun J League
Sumber :
  • Dok. J League

VIVA Bola – J League akan memperingati tahun ke-30 mereka pada 15 Mei 2023 mendatang. Untuk merayakannya, sudah disiapkan bola yang akan digunakan dalam pertandingan kompetisi sepakbola Jepang.

Waspada 4 Pemain Uzbekistan U-23, Ada yang Lawan Arsenal di Liga Champions

Bola tersebut diberi nama Kotohogi 30. Ini adalah bola yang ikonik, dan pastinya akan meninggalkan kesan bagi para penggemar sepakbola di Negeri Sakura.

Mengutip laman resmi J League, Kotohogi 30 diproduksi oleh Adidas. Selama satu bulan pertandingan sepakbola di Jepang akan menggunakan bola ini.

Buka Keunggulan Indonesia Atas Hong Kong, Begini Kata Gregoria Mariska

Logo J League

Photo :
  • Dok. J League

Penggunaan bola ini akan dimulai pada 12 Mei hingga 11 Juni 2023 mendatang. Menariknya tak cuma kasta tertinggi yang menggunakannya, tapi juga yang kedua dan ketiga.

Indonesia Hadapi Pertahanan Kokoh Uzbekistan di Piala Asia U-23

Peringatan 30 tahun J League ini juga dibarengi dengan J30 Best Awards. Ada beberapa nominasi yang akan diberikan mulai dari musim pertama berlangsung hingga sekarang.

Yang pertama adalah penghargaan Most Valuable Players (MVP) dan diberikan kepada satu orang. Lalu ada juga penentuan 11 skuad terbaik (best eleven).

Penghargaan lainnya adalah gol terbaik berdasar divisi, pertandingan terbaik, dan adegan terbaik. Beberapa kategori ada yang ditentukan melalui voting publik.

Lalu ada juga penentuan dari tim panitia. Lalu untuk beberapa penghargaan campuran antara voting publik dengan tim panitia.

Voting bisa dilakukan mulai 11 hingga 21 April 2023. Sementara pengumumannya dilakukan bersamaan dengan hari perayaan 30 tahun J League, 15 Mei 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya