Juara UEFA Nations League, Hadiah yang Adil untuk Timnas Spanyol

Timnas Spanyol juara UEFA Nations League
Sumber :
  • AP Photo/Martin Meissner

VIVA Bola – Timnas Spanyol berhasil menjadi juara UEFA Nations League. Mereka memenangkan duel sengit melawan Timnas Kroasia di De Kuip Stadium, Feyenoord, Belanda pada Senin dini hari WIB 19 Juni 2023.

Kejutan Indonesia U-23 Bikin Uzbekistan U-23 Ogah Kecolongan

Kedua tim saling berbalas serangan di babak pertama dan kedua. Akan tetapi, penyelesaian akhir dari mereka masih belum maksimal. Duel lanjut ke babak tambahan, dan gol juga tak kunjung hadir.

Untuk mencari pemenang, duel dilanjutkan ke adu penalti. Dua penendang Kroasia, Lovro Majer dan Bruno Petkovic gagal menuntaskan tugasnya. Sedangkan di Spanyol cuma Aymeric Laporte.

Top Skor Uzbekistan U-23 Tebar Ancaman

Timnas Spanyol vs Timnas Krosia di UEFA Nations League

Photo :
  • AP Photo/Martin Meissner

Pelatih Timnas Spanyol, Luis de la Fuente meminta anak asuhnya untuk tetap tenang ketika akan menghadapi adu penalti. Itu yang menurut dia jadi kunci sukses.

Adu Mahal Skuad Semifinal Piala Asia U-23 Indonesia Vs Uzbekistan

"Saya sangat tenang ketika adu penalti. Saya juga mengatakan kepada semua pemain agar tetap tenang," kata de la Fuente, dikutip dari Diario AS.

Kemenangan ini menjadi capaian luar biasa bagi Tim Matador. Para pemain pantas mendapatkannya, karena mereka telah bekerja keras dalam sesi latihan. Karena itulah de la Fuente menyebut ini sebagai hadiah yang adil.

Timnas Spanyol juara UEFA Nations League

Photo :
  • AP Photo/Martin Meissner

"Mereka adalah juara bagi saya. Ini adalah capaian yang pantas untuk mereka karena selalu berusaha keras dalam latihan," tutur de la Fuente.

Ini adalah gelar juara internasional besar pertama bagi Spanyol setelah menanti sekira 11 tahun. Terakhir kali mereka menjadi juara adalah EURO 2012.

Bagi Luis de la Fuente, gelar juara ini adalah yang pertama untuk kategori senior. Dia baru naik jabatan ke skuad Timnas Spanyol menggantikan Luis Enrique usai Piala Dunia 2022.

Sebelumnya juru taktik berusia 61 tahun itu melatih kategori usia muda. Dia pernah memenangkan EURO U-19 2015 dan EURO U-21 2019. Pada kategori U-23, dia merebut medali perak Olimpiade 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya