Iran Ajukan Banding Usai Gagal Jadi Runner Up Terbaik di Kualifikasi Piala Asia U-23

Selebrasi pemain Timnas Iran U-23
Sumber :
  • Tangkapan layar

Iran – Kualifikasi Piala Asia U-23 telah selesai. 16 tim dipastikan lolos untuk berlaga pada putaran final di Qatar.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Selain Qatar sebagai tuan rumah, 11 juara grup serta empat tim runner up terbaik mengisi slot untuk bertanding di Qatar pada April 2024 mendatang. 

Sementar itu, Iran mengajukan banding pada AFC setelah gagal menjadi runner up terbaik. Iran memiliki jumlah poin dan selisih gol yang sama dengan Malaysia yang lolos ke Piala AFC U-23.

5 Fakta Tersembunyi Hubungan Iran dan Israel, Pernah Seharmonis Ini

Dilansir dari laman Footballi, Iran kalah di laga terakhir dari Uzbekistan dengan skor 0-1. Atas hasil tersebut, Iran berada di posisi runner up Grup E dengan enam poin. 

Selebrasi pemain Timnas Iran U-23

Photo :
  • Tangkapan layar
Tentara Israel Jatuh Cinta ke Intel Iran yang Nyamar Jadi Wanita, Bocorkan Rahasia Militer

Protes dilayangkan Iran karena keputusan wasit atas kartu kuning pada Uzbekistan. Kegagalan Iran di Piala Asia U-23 ini pun berimbas pada pupusnya harapan tim untuk bermain di Olimpiade Paris. 

"Dengan bukti pertandingan yang kami kumpulkan, pemain Uzbekistan nomor 3, Abdulkader Hosseinov menerima kartu kuning dua kali tapi tak langsung diusir dari pertandingan," tulis pernyataan Federasi Iran, dikutip dari tvonenews.com, Kamis 14 September 2023.

Diketahui, Iran memetik dua kali menang dari Iran dan Hong Kong serta satu kali kekalahan dari Uzbekistan selama berlangsungnya Kualifikasi Piala Asia. 

Pelatih Iran, Reza Enayati mengaku pasrah karena tim sudah tersingkirkan dari Piala Asia U-23. Meski berhasil mendominasi permainan, namun yang terpenting adalah hasil pertandingan yang gagal dimenangkan oleh Iran.

"Pertandingan sangat bagus bagi kedua tim dan kami tahu seharusnya kami bisa lolos hanya dengan hasil imbang," kata Reza.  

"Mengingat kondisi selama pertandingan, kami seharusnya bisa imbang dan kami akan mengevaluasi pertandingan ini."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya