Jude Bellingham Jadi Senjata Balas Dendam Timnas Inggris ke Italia

Pemain Timnas Inggris, Jude Bellingham, merayakan gol.
Sumber :
  • AP Photo/Abbie Parr

VIVA – Jude Bellingham adalah pemain pengganti yang tidak dimainkan ketika Timnas Italia mengalahkan Inggris di kandang sendiri dua tahun lalu pada final Euro 2020.

Viral Calon Siswa Polres Baubau Bernama Real Madrid, Warganet: Bapaknya Madridista

Namun kini, Bellingham yang berusia 20 tahun sekarang menjadi pusat rencana Gareth Southgate saat Inggris berupaya memastikan kualifikasi Euro 2024 dengan balas dendam atas tim Italia.

Bellingham membuktikan dirinya di panggung internasional dengan serangkaian penampilan menarik di Piala Dunia tahun lalu.

Jude Bellingham Bakal Jadi Legenda Real Madrid

Meskipun  tersingkir di perempat final dari Prancis, sederetan talenta menakutkan yang dimiliki Southgate menjadikan Inggris salah satu favorit untuk Euro tahun depan.

Bellingham menjadi salah satunya. Dia tampil ganas dengan mencetak 10 gol dalam 10 pertandingan pertamanya untuk Real Madrid sejak kepindahan 103 juta euro ($112 juta) dari Borussia Dortmund.

Bicara Kekalahan dari Madrid, Bek Barcelona Silang Pendapat dengan Xavi

Mantan gelandang Birmingham ini mendapat perbandingan dengan legenda Madrid Alfredo di Stefano dan Zinedine Zidane karena awal cemerlangnya di ibu kota Spanyol.

Bek sayap Inggris Kieran Trippier paham betul betapa beratnya bermain di Madrid dibandingkan saat ia masih membela Atletico dan yakin Bellingham kini bisa menjadi pembeda dalam menghadirkan turnamen besar bagi negaranya.

"Dia bisa menjadi pembeda. Di usianya yang begitu muda, dengan kedewasaan, kualitas, dan agresi yang dimilikinya, dia menakutkan," kata Trippier dari Newcastle.

“Ini sama sekali bukan kejutan, standar yang dia tetapkan di Madrid.

"Anda bisa melihat dia bermain dengan kebebasan dan para pemain di sekitarnya akan membuatnya menjadi lebih baik lagi. Hal yang menakutkan adalah dia baru berusia 20 tahun."


Bellingham juga bukan satu-satunya senjata Inggris karena mereka bertujuan menaklukkan Eropa di Jerman tahun depan.

Bukayo Saka gagal mengeksekusi tendangan penalti yang menentukan di final Euro 2020 tetapi telah bangkit kembali untuk memimpin kebangkitan Arsenal dan menjadi pemain yang tak terkalahkan di tingkat internasional.

Jack Grealish, Declan Rice, dan Harry Kane juga semuanya pindah klub dengan nilai lebih dari 100 juta euro selama dua tahun terakhir.

Grealish, Phil Foden, Kyle Walker dan John Stones adalah pemenang treble bersama Manchester City musim lalu, sementara James Maddison telah berkembang sejak kepindahannya di musim panas ke Tottenham.

“Kami kalah di final Euro tapi yang paling penting adalah kami mengalami kemajuan dan melakukannya dengan sangat baik,” tambah Trippier.

"Kami punya gol dari berbagai penjuru lapangan. Jude, Maddison, Bukayo, Phil masih muda tapi semuanya bisa mengubah permainan di momen-momen tertentu."

Kane tetap menjadi sumber gol yang paling dapat diandalkan dan menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa negaranya saat Inggris menang di Italia untuk pertama kalinya sejak 1961 pada bulan Maret.

Hasil itu dan empat poin dari kemungkinan enam poin melawan Ukraina telah menempatkan pasukan Southgate di posisi terdepan untuk lolos.

Sebaliknya, Italia melanjutkan kesuksesan mereka di Euro dengan gagal lolos ke Piala Dunia kedua berturut-turut dan masih memiliki pekerjaan yang harus dilakukan untuk mencapai Jerman.

Kekalahan di London akan membuat pasukan Luciano Spalletti memiliki poin yang sama dengan Ukraina dan menghadapi pertarungan menentukan dengan negara yang dilanda perang bulan depan untuk lolos.

Spalletti baru menjabat sejak Agustus setelah Roberto Mancini pergi untuk mengambil pilihan yang ditawarkan sebagai bos Arab Saudi.

Peluang Italia untuk meraih kemenangan terkenal lainnya di Wembley tidak terbantu dengan dipulangkannya dua pemain mereka yang berbasis di Inggris karena skandal taruhan.

Sandro Tonali dari Newcastle dan Nicolo Zaniolo dari Aston Villa dibebaskan dari skuad setelah diselidiki oleh jaksa penuntut atas dugaan pelanggaran perjudian.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya