Timnas Uzbekistan Ulangi Sejarah Arab Saudi Juara Piala Dunia U-17?

Pemain Timnas Uzbekistan U-17
Sumber :
  • AP Photo/Dita Alangkara

Solo – Timnas Uzbekistan tampil mengejutkan di Piala Dunia U 17 2023. Mereka menjadi satu-satunya wakil Asia di perempatfinal usai menyingkirkan salah satu favorit juara, Inggris di babak 16 besar.

Bikin Puluhan Orang di Thailand Meninggal, Ini 3 Alasan Cuaca Panas Bisa Sebabkan Kematian

Lolos ke perempatfinal mengulangi pencapaian terbaik Uzbekistan di Piala Dunia U-17. Sebelumnya, mereka juga melaju ke babak ini pada 2011.

Di perempatfinal, Uzbekistan ditunggu tim kuat Eropa lainnya, Timnas Prancis. Duel digelar di Stadion Manahan, Solo, Sabtu 25 November 2023.

Mengenal Sejarah Hari Buruh Internasional yang Diperingati Setiap 1 Mei

Uzbekistan U-17

Photo :
  • twitter.com/FIFAWorldCup

Mampukah Uzbekistan melanjutkan kejutan sekaligus menjadi juara di Indonesia? Bisa saja, sebab sejarah mencatat pernah ada tim Asia yang menjadi juara di Piala Dunia U-17.

Instruktur Wasit PSSI: Keputusan Shen Yinhao Sudah Tepat

Catatan tersebut diraih Timnas Arab Saudi pada 1989. Arab Saudi menjadi juara usai menaklukkan tuan rumah Skotlandia 5-4 (2-2) lewat adu penalti di Hampden Park, Glasgow, pada 24 Juni 1989.

Itu menjadi satu-satunya gelar Piala Dunia U-17 yang diraih oleh tim dari Asia. Kini, Uzbekistan tengah berupaya mengulang sejarah manis tersebut di Indonesia.
 

Lapangan Tiananmen, China.

China di Asia: Kehadiran Rentenir di Negara-negara Berkembang

Investasi China yang menyamar sebagai lender of last resort disinyalir telah terbukti merugikan seluruh Asia, bahkan sub-kawasan tertentu di benua ini.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024