VIVAReplay 2023

Akhir Petualangan Ajaib Ronaldo dan Messi di Eropa

Potret Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi untuk Louis Vuitton
Sumber :
  • Louis Vuitton

MIAMI – Lebih dari satu dekade nama Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi merajai Eropa. Keduanya mengukir banyak prestasi dan mendominasi di benua biru.

Rasmus Hojlund Lebih Pilih Legenda MU Dibanding Cristiano Ronaldo, Kenapa?

Mereka selalu berusaha saling mengalahkan. Bahkan terus muncul perdebatan soal siapa yang terbaik dari keduanya.

Tapi 2023, menjadi akhir kisah dongeng petualangan keduanya di Benua Biru. Ronaldo dan Messi mengucapkan selamat tinggal kepada Eropa untuk mengambil jalan masing-masing.

Terpopuler: Sindiran Suporter Bali United, Media Asing Puji Indonesia

Dimulai dengan Ronaldo. Sejak November 2022, muncul gelagat dia akan hengkang dari Manchester United setelah sebelumnya melakukan comeback ke Old Trafford.

Ronaldo melakukan wawancara kontroversial dengan Piers Morgan yang isinya menjelekkan manajemen MU, termasuk manajer Erik Ten Hag. Buntutnya CR7 pun berpisah dengan Setan Merah.

Lionel Messi dan Sergio Busquets Bikin Gol, Inter Miami Amankan Puncak Klasemen

Namun kejuatannya adalah pada 30 Desember 2022, Ronaldo mengumumkan akan bergabung dengan Al Nassr, klub asal Arab Saudi. Dia pun resmi pindah ke Asia pada 1 Januari 2023.

Megabintang Al Nassr Cristiano Ronaldo

Photo :
  • Instagram @alnassr

Bintang asal Portugal tersebut mengikat kontrak sampai 2025. Di sana dia menerima bayaran luar biasa, mencapai 200 juta euro.

Di Al Nassr, Ronaldo resmi menjalani debut pada 22 Januari, dia didapuk menjadi kapten tim dan tampil 90 menit untuk membawa tim menang tips 1-0 atas Al Ettifaq.

Gol perdana Ronaldo dicetak ketika melawan Al Fateh melalui tendangan penalti pada 9 February 2023 dan di bulan yang sama berhasil menyebet titel pemain terbaik sepanjang Februari dengan koleksi delapan gol dan dua assist.

Sayangnya musim itu Ronaldo gagal membawa Al Nassr juara. Mereka hanya finis kedua di klasemen akhir dengan Al Ittihad keluar sebagai juara.

Kehadiran Ronaldo di Arab Saudi bisa dikatakan sebagai pancingan untuk membuat kompetisi di sana dihuni banyak bintang tenar. Terbukti pada musim panas berbondong-bondong penggawa kawakan dari Eropa datang, seperti Karim Benzema, N'Golo Kante, Riyad Mahrez, Neymar, Roberto Firmino, dan Sadio Mane.

Setelah Ronaldo pergi ke Asia, hanya enam bulan berselang giliran Messi yang hengkang. Cuma La Pulga berbeda arah, dia berbelok ke Amerika Serikat.

Messi memutuskan tak memperpanjang kontrak dengan PSG. Klub yang berbasis di Paris pun sudah mengumumkan kepergian sang mega bintang pada 1 Juni 2023.

Lalu ramai berita kemana Messi akan berlabuh. Sempat terbesit dia kembali ke Barcelona. Tapi nyatanya kapten Timnas Argentina tersebut lebih memilih Inter Miami sebagai pelabuhan baru.

Pada 15 Juli, Inter Miami resmi mengumumkan kedatangan Messi. Dia mendapat kontrak dua setengah tahun.

Debut manis dibuat Messi bersama Inter Miami. Dia mencetak gol kemenangan melalui tendangan bebas pada menit akhir laga melawan Cruz Azul dalam laga League Cup.

Pemain Inter Miami, Lionel Messi

Photo :
  • inter miami

Setelah itu performa Messi pun semakin moncer di sana. Gol demi gol dihasilkan, sampai akhirnya membawa Inter Miami keluar sebagai juara kompetisi yang mempertemukan tim Amerika Serikat dengan Meksiko itu. Di final mereka mengalahkan Nashville SC lewat adu penalti.

Pada Oktober 2023, Messi pun berhasil menyabet Ballon d'Or kedelapan. Pencapaian yang sangat luar biasa dan kemungkinan sulit ada yang menyamai lagi.

Tapi sayangnya di balik cerita gemilang tersebut, Messi juga gagal membawa Inter Miami lolos ke playoff MLS. Langkah mereka terhenti hanya di musim reguler, meski jebolan akademi La Massia itu mampu mengemas 11 gol dari 14 penampilan sejak pertama bergabung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya