Piala Asia 2023: Arti Kemenangan Timnas Irak Atas Timnas Indonesia

Skuad Timnas Irak di Piala Asia 2023 melawan Timnas Indonesia
Sumber :
  • AP Photo/Hussein Sayed

Qatar – Timnas Irak berhasil mengalahkan Timnas Indonesia dalam pertandingan perdana Grup D Piala Asia 2023 di Ahmed bin Ali Stadium, Qatar pada Senin malam WIB 15 Januari 2024. Kemenangan dengan skor 3-1 didapatkan anak asuh Jesus Casas.

Ernando Ari Bersyukur dengan Pencapaian Timnas Indonesia U-23 tapi Belum Puas

Timnas Irak membuka keunggulan pada menit 17 melalui gol Mohanan Ali. Timnas Indonesia memberi balasan berselang 20 menit kemudian. Marselino Ferdinan yang menceploskan bola ke dalam gawang lawan usai menerima umpan matang dari Yakob Sayuri.

Ketika injury time babak pertama telah memasuki menit ketujuh, gawang Indonesia yang dikawal Ernando Ari harus bobol lagi. Irak berhasil unggul dengan skor 2-1 setelah Osama Rashid mencetak gol.

Kondisi Terbaru Witan Sulaeman Usai Timnas Indonesia U-23 Dikalahkan Guinea

Duel Timnas Indonesia vs Irak

Photo :
  • AP Photo/Hussein Sayed

Di babak kedua, Indonesia coba memberi perlawanan sengit kepada Irak. Saling jual beli serangan terjadi. Namun pada akhirnya Irak yang bisa menambah golnya ke gawang Indonesia pada menit 75 lewat Aymen Hussein.

Cerezo Osaka Vs Vissel Kobe, Justin Hubner Jadi Starter Bareng Eks Gelandang Man Utd

Gelandang Irak, Amir Al-Ammari senang dengan kemenangan ini. Pertandingan perdana bisa mendapatkan tiga angka jelas sangat penting bagi mereka guna menjaga asa lolos ke babak 16 besar.

"Kami senang dengan kemenangan ini. Tiga poin yang penting bagi kami hari ini dan kami bermain bagus. Kami berterima kasih kepada suporter atas dukungannya, mereka sangat penting bagi kami karena memberi motivasi dan energi positif setiap kali kami bermain," kata Amir Al-Ammari dalam konferensi pers usai pertandingan.

Timnas Indonesia vs Irak

Photo :
  • REUTERS/IBRAHEEM AL OMARI

Di babak kedua, Irak melakukan beberapa pergantian pemain. Jesus Casas melakukan pergantian terbilang tepat. Karena Aymen Hussein yang mencetak gol ketiga adalah pengganti.

Al-Ammari sendiri digantikan ketika pertandingan sudah memasuki menit 88. Menurut dia itu adalah hal biasa, karena di atas lapangan, Indonesia memberi perlawanan sengit, dan butuh pemain dengan fisik yang segar untuk meladeninya.

"Pergantian adalah keputusan teknis pelatih, dan kami butuh pergantian di babak kedua untuk meningkatkan performa tim. Pertandingan pertama selalu sulit, tapi kami bisa mengontrol pertandingam," tuturnya.

Irak akan menjalani duel berat pada laga kedua di Grup D Piala Asia 2023. Mereka menantang kandidat juara, Timnas Jepang pada Jumat 19 Januari 2024 mendatang.

Jepang menatap laga ini juga penuh dengan rasa percaya diri. Karena pada laga sebelumnya, mereka berhasil menang dengan skor 4-2 atas Timnas Vietnam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya