Giliran Australia Dibuat Kalah Menyakitkan Korea Selatan di Piala Asia 2023

Australia vs Korea Selatan di Piala Asia 2023
Sumber :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

Qatar – Timnas Korea Selatan berhasil melangkah ke babak semifinal Piala Asia 2023. Mereka lolos setelah mengalahkan Timnas Australia dalam laga perempat final di Al Janoub Stadium, Jumat malam WIB 2 Februari 2024.

Media Asing Soroti Suporter Indonesia di Qatar, Sebut Jadi 'Mini Jakarta'

Butuh waktu 120 menit bagi Korea Selatan untuk menyingkirkan Australia. Kemenangan skuad asuhan Juergen Klinsmann dengan skor 2-1 pun terasa dramatis, karena mereka sempat ketinggalan.

Duel Australia vs Korea Selatan berjalan menarik. Kedua tim saling jual beli serangan sejak menit awal. Namun peluang demi peluang yang didapat tak bisa dikonversi menjadi gol.

Anak Shin Tae-yong: Meskipun Warga Korsel, Saya Dukung Timnas Indonesia

Australia vs Korea Selatan di Piala Asia 2023

Photo :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

Ketika babak pertama sudah memasuki menit 42, Australia berhasil membobol gawang Korea Selatan. Mereka masuk ke ruang ganti saat jeda dengan keunggulan 1-0 lewat gol yang diciptakan Craig Goodwin.

Erick Thohir : Satu Game Lagi Sudah Kunci ke Olimpiade, Kalau Dua Game Kita Juaranya

Korea Selatan memulai babak kedua dengan coba bermain agresif. Penguasaan bola mereka dominasi, dengan tujuan agar bisa terus-menerus menggempur pertahanan Australia.

Segala upaya yang dilakukan tim berjuluk Taeguk Warriors itu tidak kunjung membuahkan hasil. Sampai akhirnya ketika injury time memasuki menit keenam, hadiah penalti didapat.

Australia vs Korea Selatan di Piala Asia 2023

Photo :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

Hwang Hee-chan maju sebagai eksekutor penalti tersebut. Pemain asal klub Wolverhampton Wanderers berhasil menuntaskan tugas dengan baik, dan membuat laga lanjut ke babak tambahan.

Korea Selatan yang bisa mencetak gol di menit akhir bertambah semangat setelah itu. Mereka coba memanfaatkan momentum untuk terus memberi tekanan kepada Socceroos.

Son Heung-min keluar sebagai pahlawan bagi Korea Selatan. Karena penyerang Tottenham Hotspur itu berhasil membobol gawang Australia pada menit 104.

Dalam keadaan tertinggal, Australia harus kehilangan satu pemain. Aiden O'Neill diusir keluar oleh wasit, dan membuat tim bertambah sulit untuk mencetak gol ke gawang Korea Selatan lagi.

Hingga wasit meniup peluit tanda pertandingan usai, keunggulan Korea Selatan masih bertahan. Di babak semifinal, mereka akan berhadapan dengan Yordania yang di laga sebelumnya mengalahkan Tajikistan.

Susunan Pemain

Timnas Australia: Mathew Ryan; Kye Rowles, Harry Souttar, Aziz Behich, Nathaniel Atkinson (Lewis Miller 73'), Keanu Baccus (Aiden O'Neill 70'), Jackson Irvine, Connor Metcalfe (Riley McGree 70'), Mitchell Duke (Bruno Fornaroli 92'), Craig Goodwin (Jordan Bos 73'), Martin Boyle (Cameron Burgess 87').

Timnas Korea Selatan: Jo Hyeon-woo; Kim Young-gwon, Kim Min-jae, Seol Young-woo, Kim Tae-hwan (Yang Hyun-jun 85'), Son Heung-min, Hwang In-beom (Hong Hyun-seok 77'), Park Yong-woo (Park Jin-seop 105'), Cho Gue-sung (Lee Jae-sung 69'), Hwang Hee-chan (Oh Hyun-gyu 105'), Lee Kang-in (Jung Seung-hyun 120+1').

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya