Sepakbola Akan Terapkan Kartu Biru, Apa Fungsinya?

Cristiano Ronaldo mendapat kartu kuning dari wasit Anthony Taylor
Sumber :
  • twitter.com/ESPNFC

Jakarta - Sepakbola dunia akan menghadapi perubahan baru dengan menggunakan Kartu Biru. Namun hal tersebut tidak akan langsung diterapkan di level kompetisi tertinggi.

Arsenal Masih Belum Sempurna Meski Menang di Markas Tottenham

Ini akan menjadi pertama kalinya sejak diperkenalkannya kartu kuning dan kartu merah di Piala Dunia 1970. Meskipun Kartu Biru akan digunakan, akan tetapi hal tersebut masih dalam tahap pengkajian dan uji coba.

Striker Atletico Madrid, Luis Suarez, intip wasit dan dikartu kuning

Photo :
  • Daily Mail
Ini Wasit yang Pimpin Pertandingan Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan

Dilansir Metro UK, Jumat 9 Februari 2024. Penggunaan Kartu Biru sama dengan olahraga rugby. Pemain yang mendapatkan kartu tersebut akan dikeluarkan lapangan selama 10 menit sebelum bisa memasuki lapangan kembali.

Namun jika ada pemain yang mendapatkan Kartu Biru dan Kartu Kuning dalam satu pertandingan, maka ia akan mendapatkan kartu merah dan harus meninggalkan lapangan lebih cepat.

Ganas, Arsenal Ngamuk di Kandang Tottenham

Namun menggunakan Kartu Biru tampaknya tidak akan langsung digunakan pada musim depan. Selain itu juga, FIFA telah membantah mengenai penggunaan Kartu visa yang akan diterapkan di kompetisi tertinggi seperti Premier League, LaLiga hingga Serie A.

"FIFA ingin mengklarifikasi bahwa laporan tentang penggunaan 'Kartu Biru' di level sepakbola elit adalah tidak benar dan terlalu cepat untuk menerapkan peraturan tersebut," bunyi pernyataan FIFA.

Pemain Chelsea, Danny Drinkwater menerima kartu merah.

Photo :
  • www.standard.co.uk

"Uji coba menggunakan kartu biru walaupun diterapkan harus dari tingkat sepakbola paling rendah. Jika hal tersebut berhasilkan maka akan menjadi pertimbangkan untuk diterapkan di kompetisi elit," lanjut pernyataannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya