Eropa Minta Tambah Jatah Tempat di Piala Dunia

Trofi Piala Dunia
Sumber :
  • REUTERS/Darren Staples
VIVA.co.id
FIFA Bergolak, Celah Australia dan Inggris 'Balas Dendam'?
- Asosiasi Sepakbola Eropa (UEFA) meminta jatah tempat tambahan di putaran final Piala Dunia. Saat ini, Eropa memiliki jatah 13 tim dari 32 tim yang bertarung di turnamen tingkat dunia empat tahunan itu.

PPD 2018, AFC Hanya Setujui 2 Stadion untuk Kandang Timnas

Dilansir
Rasialisme Ancam Status Tuan Rumah Rusia di PD 2018
Tribal Football , Selasa, 24 Maret 2015, Sekjen UEFA Gianni Infantino mengatakan, akan terus berjuang mendapatkan slot tambahan di Piala Dunia 2018 mendatang.


Permintaan UEFA tersebut dianggap sebagai hal yang wajar oleh Presiden FIFA, Sepp Blatter. Pasalnya, di tiga edisi terakhir Piala Dunia, dimenangkan oleh para wakil Eropa (Jerman, Spanyol dan Italia).


"Jika melihat berdasarkan fakta, pemenang tiga edisi Piala Dunia terakhir adalah dari Eropa. Selain itu, dari 32 peringkat tertinggi FIFA, 19 di antaranya diisi tim-tim Eropa," kata Blatter.


"Jadi saya pikir, itu tuntutan yang benar-benar objektif dan adil, mereka meminta tambahan tempat," tambahnya.


Saat ini, dari 32 tim yang berlaga di putaran final Piala Dunia, masih didominasi oleh Eropa yang mengirim 13 wakilnya. Sementara sisanya diisi oleh enam tim Amerika Selatan, empat tim asal Amerika Tengah, lima tim asal Afrika dan empat tim Asia.


Pada tahun 2013 lalu, FIFA sempat mewacanakan akan menambah jumlah partisipan Piala Dunia menjadi 40 tim. Guna mengakomodir para wakil benua Asia dan Afrika yang mendapat jatah paling sedikit di ajang ini.



![vivamore="
Baca Juga
:"]

El Clasico Memicu Berputarnya Roda Nasib Barca-Madrid

Injak Kaki Kiper MU, Skrtel Resmi Didakwa FA

Trio Kiper Korsel U-23 'Disiksa' Jelang Pra Piala Asia

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya