China dan Korea Utara Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030?

Ilustrasi. Stadion Nasional China.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – China dan Korea Utara, menjadi dua negara yang mendeklarasikan keinginannya menjadi tuan rumah 2030 mendatang. Keduanya mengaku siap menggelar hajatan sepakbola paling bergengsi di dunia tersebut.

China di Asia: Kehadiran Rentenir di Negara-negara Berkembang

Wakil Presiden Federasi Sepakbola China, Zhang Jian mengatakan, menjadi tuan rumah Piala Dunia, merupakan mimpi negara Tirai Bambu. Presiden China, Xi Jinping pun disebutnya sangat tertarik dengan ide tersebut.

"Menjadi tuan rumah Piala Dunia menjadi mimpi China. Banyak warga yang menjadikan sepakbola mimpi mereka," kata Xhang, saat berbicara kepada BBC.

Ada Motor LIstrik Lucu nan Menggemaskan di Kemayoran, Segini Harganya

"Kami harus memutuskan prosedurnya, dan bagi saya, China bisa mendapatkannya, karena kami hanya butuh waktu untuk mempersiapkan dan meningkatkan kualitas dan popularitas sepakbola kami," tambahnya.

Dalam dua tahun terakhir, sepakbola China sudah berkembang pesat. Beberapa pemain kelas dunia mereka datangkan dengan mahar yang jumlahnya tinggi. Carlos Tevez salah satunya menjadi pemain dengan gaji termahal di dunia.

Hasil Perempat Final Uber Cup 2024: China dan Jepang Melenggang

Sebelumnya, Korea Utara juga menyatakan diri siap menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030. Mereka mengajak negara-negara tetangga untuk berkolaborasi mewujudkan ide tersebut. (asp)

Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Suyudi Saat Konpers Penggerebekan Lab Sinte di Sentul

Lab Sentul Beli Bahan Baku Sinte dari China, Transaksinya Pakai Kripto

Sebanyak lima orang ditetapkan sebagai tersangka kasus laboratorium home industry tembakau sintetis atau narkoba sinte di perumahan Sentul, Jawa Barat.

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2024