Sejarah Piala Indonesia dan Memori Manis Sriwijaya FC

Sriwijaya FC juara Piala Indonesia 2008-09.
Sumber :
  • infosriwijayafc.com

VIVA –  PSSI akan menggelar Piala Indonesia tahun ini. Pro dan kontra pun bermunculan, karena ajang ini akan membuat jadwal setiap klub semakin padat.

PSM Makassar Berpisah dengan Wiljan Pluim

Sikap berbeda ditunjukkan oleh Sriwijaya FC. Lewat sang pelatih, Rahmad Darmawan, Laskar Wong Kito menganggap ajang ini sebagai tantangan untuk setiap klub.

(Baca juga: Pro Kontra Piala Indonesia, Sriwijaya Anggap Tantangan)

Antusias Sambut Piala Indonesia, Arema FC Tak Permasalahkan Recovery

Wajar jika Sriwijaya menyambut positif ajang yang vakum sejak 2012 ini. Sebab, mereka tercatat sebagai klub yang paling sukses di Piala Indonesia.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, Sriwijaya sempat merebut gelar ini tiga kali beruntun, pada 2007 hingga 2009. Dan itu semuanya saat dilatih oleh Rahmad Darmawan,

Dua gelar lainnya diraih Arema Malang (kini Arema FC) pada 2005 dan 2006. Sedangkan Persibo Bojonegoro sekali menjadi juara pada 2012.

Sejarah Piala Indonesia



Sebelum era profesional, turnamen sejenis Piala Indonesia pernah digelar. Sempat ada Piala Galatama yang dimulai pada 1985. Saat itu, Arseto Solo menjadi juara, usai menaklukkan Mercu Buana Medan 3-0.

Krama Yudha Tiga Berlian menjadi tim paling sukses di Piala Galatama. Tim asal Palembang ini juara tiga kali beruntun, pada 1987 hingga 1989.

Piala Galatama terakhir digelar pada 1994, dengan Gelora Dewata keluar sebagai juara. Setelah itu, turnamen ini berhenti dikarenakan kompetisi Galatama digabung dengan Perserikatan.

Di era profesional,  PSSI pertama kali menggelar Piala Indonesia pada 2005. Saat itu, Arema Malang menjadi juara, usai menaklukkan Persija Jakarta 4-3 di partai puncak.

Piala Indonesia kali terakhir digelar pada 2012, saat terjadi dualisme kompetisi. Namun, saat itu hanya klub-klub Indonesia Premier League (IPL) yang mengikuti ajang ini. Persibo Bojonegoro menjadi juara, usai menang tipis 1-0 atas Semen Padang.

Daftar juara Piala Indonesia:
2005: Arema Malang
2006: Arema Malang
2008: Sriwijaya FC
2009: Sriwijaya FC
2010: Sriwijaya FC
2012: Persibo Bojonegoro
(one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya