Bali United Juara, Teco Ukir Sejarah Sepakbola Indonesia

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco
Sumber :
  • Twitter/@BaliUtd

VIVA – Status juara Liga 1 2019 sudah resmi disegel Bali United. Sudah pasti, sosok seorang Stefano Cugurra Teco adalah salah satu faktor penting keberhasilan armada Serdadu Tridatu. Bagaimana tidak, juru taktik berpaspor Brasil sukses mencetak sejarah baru dalam sepakbola Indonesia.

Terpopuler: Sindiran Suporter Bali United, Media Asing Puji Indonesia

Melawat ke Stadion Haji Agus Salim, markas Semen Padang, dalam laga pekan ke-30 Liga 1 2019, Ilija Spasojevic cs meraih kemenangan 2-0, Senin 2 Desember 2019 WIB. Poin penuh yang berhasil diraih dalam pertandingan ini, memastikan gelar juara pertama bagi Bali United di kompetisi kasta tertinggi Indonesia.

Usai membawa Bali United meraih gelar juara, Teco pun mencatat sebuah rekor. Ya, untuk pertama kalinya ada pelatih yang mampu meraih dua gelar juara secara beruntun. Yang lebih istimewa, rekor juara beruntun dirasakan pelatih 45 tahun dengan dua tim yang berbeda.

Spanduk Sindiran Suporter Bali United untuk Bhayangkara FC: Degradasi Karma 2017

Seperti yang diketahui, musim lalu Teco juga lah pelatih yang mengantar Persija Jakarta meraih gelar juara Liga 1. Di bawah sentuhan pria kelahiran Rio de Janeiro 25 Juli 1974 ini armada Macan Kemayoran mengakhiri puasa gelar, yang sudah berlangsung selama 17 tahun kala itu.

Jika melihat komentarnya usai pertandingan, Teco sepertinya tak terlalu peduli dengan catatan rekor ini. Yang terpenting baginya, kerja kerasnya dan seluruh elemen tim Bali United akhirnya terbayar dengan gelar juara ini.

Hasil Liga 1: Bali United dan Dewa United Petik Poin Sempurna

"Saya terima kasih kepada semua pemain dan tim atas kerja keras ini. Tim pelatih hingga official dan manajemen sangat bagus. Kerjasama tim sangat bagus," kata Teco usai pertandingan kontra Semen Padang.

Menurut data yang dikutip Liga-indonesia.id, sejauh ini Teco sudah melakoni 64 pertandingan (musim ini masih ada sisa empat laga lagi) selama hampir dua musim kariernya di Liga 1. Total Teco berhasil merebut 37 kemenangan, 14 hasil imbang, dan 13 kali kalah. Dari data itu, berarti Teco juga punya persentase sebesar 57,8 persen.

Persebaya Surabaya vs Bali United

Hasil Liga 1: Bali United Lolos ke Championship Series Usai Tekuk Persebaya Surabaya

Bali United berhasil meraih poin sempurna usai tekuk Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Gelora Bung Tomo pada Rabu sore tadi, 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024