Ribuan Pesepakbola Muda Indonesia dan Malaysia Tampil di Barati Cup Bali 2024

Pembukaan Turnamen Barati Cup 2024 di Bali.
Sumber :
  • VIVA/Maha Liarosh

BALI – Sebanyak 2.300 pesepakbola berusia 12-14 tahun dari 120 tim yang mewakili 14 Provinsi dan satu Negara ASEAN yakni Malaysia siap mengikuti turnamen Barati Cup Bali 2024 di Bali United (BU) Training Ground. Turnamen ini berlangsung pada 2-5 Maret 2024.

Bule Australia Berulah di Bali, Bikin Keributan hingga Aniaya Sopir Travel

Kompetisi sepakbola kelompok usia terbesar di Indonesia ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan program Bangga Merah Putih (BARATI) Mendunia.

Turnamen ini juga akan menjadi ajang seleksi untuk skuad Barati 2024 yang akan berkompetisi di World Youth Cup - Gothia Cup di Swedia pada bulan Juli 2024.

Syuting Tak Berizin, Artis dan Kru Variety Show Pick Me Trip In Bali Diperiksa Imigrasi Ngurah Rai

Barati Cup Bali 2024 akan berlangsung selama 4 hari dengan total 240 pertandingan dengan menggunakan 9 lapangan. Pada hari pertama dan kedua, tim KU-12 dan KU-13 akan dibagi menjadi 11 grup, sedangkan KU-14 akan dibagi menjadi 8 grup. Setiap tim di setiap Kelompok Umur akan bertanding satu sama lain.

Sementara itu, pada hari ketiga dan keempat, akan dilaksanakan pertandingan sistem gugur untuk menentukan juara turnamen.

Rizky Nazar Angkat Bicara Soal Dugaan Selingkuh, Beberkan Hal Ini

Pembukaan Turnamen Barati Cup 2024 di Bali.

Photo :
  • VIVA/Maha Liarosh

CEO Barati Mendunia Krisna Wisnu Marsis mengatakan, dalam ajang tahun ini, selain seleksi pemain, juga akan dilakukan pencarian pelatih yang akan mendampingi setiap Kelompok Umur (KU) 12, 13, dan 14 tahun selama kompetisi di Swedia.

"Inisiatif baru ini diharapkan dapat mendukung program pemerintah, terutama Kemenpora dan PSSI, dalam pengembangan sumber daya manusia di bidang sepakbola," kata Krisna pada pembukaan turnamen Barati Cup di BU Training Ground, Minggu, 3 Maret 2024.

Proses seleksi skuad BARATI akan dilakukan oleh Coach Indra Sjafri untuk memilih 52 pemain terbaik.

Pelaksanaan secara keseluruhan, Barati Cup Bali kata Krisna, program rangkaian pertama selama 12 bulan dimulai dari seleksi pemain terbaik, training center, dan selanjutnya ke Gothia Cup di Swedia.

"Para pemain ini nantinya akan dipersiapkan melalui Training Center di Jakarta sebelum berangkat ke Swedia," jelasnya.

Untuk memudahkan proses seleksi di lapangan digunakan teknologi sport science kelas dunia seperti Catapult. Telnologi ini kata Krisna sebagi tool untuk memantau bakat anak lebih spesifik melalui data.

"Jadi kita mempunyai data, kalau talents out ingin melihat data, ingin anak lebih spesifik lebih detail kita punya datanya," jelas Krisna.

Teknologi ini dioperasikan tanpa operator yang mengikuti action di lapangan.

Sementara itu, Coach Indra Sjafri mengatakan, dari 2300 pemain, PSSI meyakini banyak talenta-talenta yang akan dipersiapkan menjadi kader pemain Tim Nasional.

"Kita butuh generasi baru pesepak bola Indonesia yang kualitasnya lebih baik dari yang sekarang," kata Coach Indra.

Untuk itu, kata Coach Indra terdapat lima pilar yang harus dipersiapkan yakni, perbaikan struktur, kurikulum sepakbola, pengembangan pelatih baik kualitas dan kuantitas dan pengembangan pemain.

"Kita berharap pemain yang muncul kualitasnya kebih baik dari yang sebelumnya," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya