Proyek Naturalisasi Timnas Indonesia Terancam Berantakan

Pemain keturunan Indonesia, Ian Matseen
Sumber :
  • instagram.com/maatsen_

Jakarta – PSSI sedang gencar-gencarnya melakukan proyek naturalisasi di Timnas Indonesia. Pelatih Shin Tae-yong bahkan sampai terbang ke Belanda yang kabarnya mau melakukan pemantauan langsung.

Lengkap! Jadwal Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 Qatar

Saat Shin Tae-yong ada di Negeri Kincir Angin, kabar tak enak justru didapat. Karena ada lima pemain keturunan Indonesia yang masuk ke dalam skuad Belanda U-21 asuhan Michael Reiziger.

Federasi Sepakbola Belanda (KNVB) mengumumkan sebanyak 31 nama masuk dalam skuad yang dipersiapkan untuk tampil di Kualifikasi EURO U-21 dan pertandingan uji coba.

Erick Thohir: Kemenangan Lawan UEA Tambah Semangat Timnas Indonesia Tatap Piala Asia U-23

Belanda U-21 akan menjalani dua pertandingan pada bulan ini. Dimulai dari persahataban dengan Norwegia U-21 pada 22 Maret 2024, dan tiga hari berselang menghadapi Moldova U-21 di Kualifikasi EURO U-21.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Photo :
  • PSSI
M Tahir Mendunia! Sampai Diangkat Media Vietnam, tapi Netizen Salfok ke Rizky Ridho

Lantas siapa saja lima pemain keturunan Indonesia yang masuk dalam skuad asuhan Reiziger? Yang pertama adalah Ryan Flamengo yang berkarier di FC Utrecht.

Milion Manhoef yang menimba ilmu di Stoke City juga masuk dalam skuad. Selanjutnya ada Ian Maatsen yang saat ini dipinjamkan Chelsea ke Borussia Dortmund.

Dani van den Heuvel yang ada di Leeds United juga jadi bagian Belanda U-21 pada kesempatan ini. Dan yang terakhir adalah pemain Neraysho Kasanwirjo asal klub SK Rapid Wina.

Meski masuk skuad Belanda U-21, tapi tak tertutup kemungkinan PSSI melakukan naturalisasi kepada para pemain. Karena aturan FIFA masih membuka peluang mereka jadi pemain Timnas Indonesia.

Dalam aturan FIFA, mereka yang baru main bersama tim kelompok umur masih bisa berpindah negara. Yang dilarang adalah sudah main lebih dari tiga kali laga kompetitif dan sudah berusia di atas 21 tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya