Buah Tangan Dingin Henk Wullems di Indonesia

Mantan pelatih Timnas Indonesia, Henk Wullems
Sumber :
  • omroepgelderland

VIVA – Henk Wullems meninggal dunia pada Sabtu 15 Agustus 2020. Namun, baru tiga hari berselang ada pemberitahuan dari AZ Alkmaar, tim yang pernah ditanganinya terkait hal ini.

PSSI Kerja Sama dengan Kepolisian Perketat Keamanan Hotel Timnas Indonesia

Henk Wullems bukan nama yang asing di Indonesia. Semasa jadi pelatih, dia begitu akrab dengan sepakbola di Tanah Air.

(Baca juga: Mantan Pelatih Timnas Indonesia Henk Wullems Meninggal Dunia)

Daftar Pemain Filipina untuk hadapi Timnas Indonesia, Ada dari Atletico Madrid hingga Dewa United

Karier kepelatihan Henk Wullems di Indonesia bermula pada 1995. Dia didatangkan untuk menangani Bandung Raya pada Liga Indonesia II.

Sentuhan tangan dinginnya membuah hasil. Bandung Raya keluar sebagai juara. Anak asuhnya ketika itu adalah pemain tenar di Indonesia, seperti Peri Sandria, Herry Kiswanto, dan Ajat Sudrajat.

Shin Tae-yong Panggil Elkan Baggott Gantikan Jay Idzes?

Berkat hasil gemilang itu, pria yang menjadi pelatih AZ periode 1990-1993 itu didapuk memimpin Timnas Indonesia.

Setahun memoles Timnas Indonesia, Henk Wullems mempersembahkan medali perak SEA Games 1997. Ketika itu Kurniawan Dwi Yulianto dan kawan-kawan kalah lewat adu penalti dari Thailand di babak final.

Bermain di Jakarta, sejak babak grup, Timnas Indonesia sudah menggila. Mereka memimpin Grup A dngan raihan 10 poin hasil dari tiga kemenangan dan sekali imbang.

Skuad Garuda mencetak 13 gol ke gawang lawannya di fase grup, dan cuma kebobolan empat kali. Keperkasaan Timnas Indonesia berlanjut hingga ke semifinal dengan mengalahkan Singapura 2-1.

Di pertandingan final, Thailand adalah lawan yang berat. Kedua tim bermain imbang 1-1 sepanjang 120 menit. Duel pun dilanjutkan ke adu penalti.

Pada kesempatan tersebut, dua eksekutor Timnas Indonesia, Ronny Wabia dan Uston Nawani gagal menunaikan tugasnya dengan baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya