Sah, Polisi Keluarkan Surat Izin Uji Coba Timnas Indonesia U-22

Timnas Indonesia U-23 saat pemusatan latihan di Jakarta
Sumber :
  • pssi.org

VIVA – PSSI patut bernapas lega. Itu setelah Kepolisian Republik Indonesia memberikan izin terkait laga uji coba Timnas Indonesia U-22 melawan Tira Persikabo (5/3) dan Bali United (7/3) yang rencananya digelar di Stadion Madya Senayan, Jakarta.

Alasan PSSI Perpanjang kontrak Shin Tae-yong hingga 2027

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol. Rusdi Hartono. Dalam keterangannya, Rusdi menegaskan jika izin sudah dikeluarkan dan tertuang dalam surat izin nomor 1/III/2021 tanggal 4 Maret 2021 dan ditandatangani oleh Kepala Badan Intelijen Keamanan (Kabaintelkam) Polri, Komisaris Jenderal Polisi Paulus Waterpauw.

"Polri telah mengeluarkan izin, yaitu surat izin nomor 1/III/2021 tanggal 4 Maret 2021. Ini izin yang dikeluarkan Polri yang ditandatangani oleh Kepala Badan Intelijen Keamanan Polri Komisaris Jenderal Polisi Paulus Waterpauw untuk kegiatan pertandingan uji coba Timnas SEA Games U-22 dengan beberapa klub sepakbola yang ada di tanah air," kata Rusdi dalam keterangannya kepada wartawan di Jakarta, Jumat 5 Maret 2021.

Tinjau Sejumlah Wilayah, Komjen Fadil Imran Pastikan Kesiapan Polri Amankan KTT WWF 2024 di Bali

"Izin telah dikeluarkan, kegiatan uji coba akan dilaksanakan pada 5 Maret dan 7 Maret. 5 Maret uji coba dengan PS Tira Persikabo, kemudian pada tanggal 7 Timnas SEA Games akan berhadapan dengan Bali United. Tentu penyelenggaraan kegiatan pertandingan ini dilaksanakan tanpa penonton dan memperhatikan protokol kesehatan, khususnya dalam rangka penanganan COVID-19," lanjut Rusdi.

Lebih lanjut, Rusdi mengungkapkan alasan Polri akhirnya mengeluarkan surat izin ini. Dia mengatakan pemberian izin uji coba Timnas U-22 telah melewati berbagai pertimbangan sebelum dikeluarkan. Karena seharusnya surat permohonan diterima Polri H-7 sebelum kegiatan dilangsungkan. Bukan H-1 seperti yang dilakukan oleh PSSI.

Timnas Indonesia U-20 Tampil di Toulon Cup, Satu Grup dengan Italia

Pasalnya, saat ini Indonesia masih dilanda pandemi COVID-19. Sehingga, setiap izin yang dikeluarkan Polri harus melewati sejumlah pertimbangan ketat dan berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait.

"Memang seharusnya perizinan yang diterima Polri itu tujuh hari sebelumnya, karena ada kesempatan polri berkoordinasi dengan instansi yang lain. Kemarin surat datang agar terlalu mepet sehingga Polri belum bisa mengeluarkan," tutur Rusdi.

"Tetapi, dengan segala pertimbangan, telah berkoordinasi dengan panitia kegiatan tetap berjalan, hanya pelaksanaannya diundur menjadi tanggal 5 dan tanggal 7 Maret yang ada di dalam surat izin," tegasnya.

Sebelumnya, Timnas U-22 harus menelan kecewa lantaran uji coba kontra Tira Persikabo harus dibatalkan satu jam sebelum laga digulirkan pada Rabu 3 Maret 2021 di Stadion Madya Senayan, Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya